Hindari Sifat Ini Bagi Anda yang Baru Mulai Kerja - Male Indonesia
Hindari Sifat Ini Bagi Anda yang Baru Mulai Kerja
Sopan Sopian | Works

Baru mulai kerja (fresh graduate) tentunya akan memiliki rasa yang campur aduk dalam pikiran. Semangat menjadi pekerja terbaik pun membara. Terutama saat mendapatkan pekerjaan pertamanya. Semuanya tentu akan dikerjakan sebaik mungkin dengan barusaha menghindari kesalahan yang akan terjadi.

Mulai Kerja - Male Indonesiapexels.com

Meski sudah mempunyai banyak ilmu dan keterampilan yang didapat selama masa pendidikan, tetap saja sebagai pekerja baru masih banyak yang melakukan kesalahan pada pekerjaan pertamanya. Hal ini tidak lain karena kurangnya pengalaman di dunia kerja.

Selain itu, menjadi seorang pekerja baru tentunya akan sangat menantang, sebab di tempat kerja akan banyak pembelajaran hal baru. Misalnya saja menyoal pekerjaan, mengatur gaji, menghadapi atasan, bersosialisasi di lingkungan kerja, dan masih banyak lainnya.

Maka tak heran ketika baru mulai bekerja masih terlihat sifat buruknya yang pada umumnya dilakukan. Bila Anda termasuk pekerja baru, coba cek sifat buruh berikut ini, apakah masih ada dalam diri Anda. Jika benar, sebaiknya dihindari.

Tidak Berani Berinisiatif
Memasuki lingkungan baru seringkali membuat orang takut untuk bertindak inisiatif yang dikarenakan karenakan takut salah, malu atau dimarahi. Perlu diketahui, sekarang ini kebanyakan perusahaan sudah mengikuti perkembangan zaman yang mengharuskan pekerjanya untuk berani berinisiatif dalam menyampaikan ide atau pendapat.

Namun, masih ada juga perusahaan yang tidak memberikan kebebasan untuk hal tersebut, melainkan semua ide atau pendapat tergantung dari para atasan. Oleh karena itu, bertindaklah sesuai dengan ruang lingkup kerjamu agar berjalan dengan lancar.

 
 

Tidak Tahu Nilai Diri Sendiri
Bagus atau tidaknya kinerja seseorang tergantung dari nilai yang diberikan rekan kerja atau atasan. Anda sebagai pekerja tentunya bisa mengira-ngira berapakan nilai yang didapat atas kinerja selama ini. Ini tentunya untuk memotivasi kamu untuk bekerja lebih baik lagi.

Namun, kebanyakan pekerja baru sekarang ini tidak bisa menilai dirinya sendiri yang membuat mereka tidak bisa berkembang dengan baik. Kondisi seperti ini tentunya jangan dibiarkan terlalu lamu, sebab akan karier Anda akan terancam.

Belum Bisa Membedakan Formal dan Non-Formal
Ketika ingin melamar pekerjaan tentunya hal pertama yang harus disiapkan calon pekerja adalah selain membuat lamaran pekerjaan yang nantinya akan dituju ke perusahaan yang dituju, calon pekerja juga harus menentukan pakaian seperti apa yang cocok bila dipanggil interview.

Namun, sayangnya tak sedikit dari mereka yang masih merasa bingung menyoal pemilihan busananya seperti menggunakan celana bahan, kemeja panjang atau pendek, berwarna atau tidak dan sebagainya.

Hal tersebut menjadikan mereka belum bisa membedakan kapan harus formal dan non-formal. Jangan khawatir, ada cara untuk mengatasinya, yaitu cari tahu gaya perusahaan terlebih dahulu apakah terlihat santai atau justru sebaliknya. Anda bisa mengetahuinya melalui website terkait, atau sosial yang dimiliki.

Main Ponsel Berlebihan
Memulai pekerjaan membutuhkan tekad dan fokus yang tinggi agar hasilnya juga akan maksimal. Kadang pekerja baru mudah bosan dan teralihkan fokusnya ke hal yang lain, misalnya saja terlalu sering bermain ponsel karena banyak notifikasi pesan yang masuk.

Ini tentunnya akan membuat pekerjaan terhambat dan hasilnya tidak akan memuaskan. Bukan hanya itu saja, jika ini dialami secara terus menerus atasan tidak akan segan-segan menegor untuk memperbaiki kualitas kerja Anda. Jadi, lebih baik berhenti menggunakan ponsel secara berlebihan disaat jam kerja. *** (SS)

SHARE