Terpukau Aksi & Keindahan Paus di Srilanka - Male Indonesia
Terpukau Aksi & Keindahan Paus di Srilanka
Sopan Sopian | Relax

Keanekaragaman hayati Sri Lanka menjadikannya salah satu surga bagi satwa liar di Asia. Anda dapat melihat gajah yang berkeliaran di Taman Nasional Uda Walawe, burung berwarna-warni di Hutan Lindung Sinharaja dan bahkan beruang malas saat Anda berjalan-jalan di Taman Nasional Wilpattu.

pixabay.com 

Selain di darat, ada banyak kehidupan laut yang luar biasa di sini juga. Ada buaya, penyu hijau, penyu belimbing, pemintal, Risso dan lumba-lumba hidung botol, serta yang pasti, paus.

Berbicara paus, Sri Lanka berada di peringkat dua atau tiga negara teratas di dunia untuk melihatnya. Ingin tahu mengapa ini adalah tempat utama Selain berton-ton krill di sekitar tempat paus ini makan, ada migrasi tahunan paus biru antara Teluk Benggala dan Laut Arab, melalui pantai Sri Lanka. 

Rute migrasi ini dipuji sebagai salah satu rute migrasi cetacean terbesar di dunia. Lalu di mana saja tempat terbaik di Sri Lanka untuk melihat paus yang di maksud.

Mirissa, Sri Lanka Selatan

pixabay.com

Mirissa adalah tempat yang indah di tepi laut, dan bisa dibilang daerah terbaik dan paling populer untuk menonton ikan paus di Sri Lanka. Ada banyak operator tur (kebanyakan di Pelabuhan Mirissa) yang menawarkan wisata mengamati lumba-lumba dan ikan paus, berangkat dari Weligama Bay. 

Beberapa perahu melayani delapan orang penumpang atau lebih, yang lain lebih dari lima puluh. Tur dimulai lebih awal pada pukul 6 pagi, dan selama tiga hingga empat jam Anda berada di atas air, Anda kemungkinan akan melihat penampakan paus biru bahkan mungkin paus bungkuk.

Kalpitiya, Sri Lanka Barat

Photo by Amila Tennakoon on Flickr

Kalpitiya merupakan semenanjung di utara Chilaw, yang penuh dengan pantai, laguna dan bangunan bersejarah. Penampakan paus di sini sudah ada sejak sepuluh tahun terakhir.

Sebagian besar hotel, kamp, dan wisma di Kalpitiya menawarkan wisata mengamati paus untuk para tamu. Sebagian besar perjalanan dimulai saat matahari terbit. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah di luar musim hujan, atau di bulan-bulan Maret-April. *** (SS)

SHARE