Pulau Samalona, Satu Lagi Keindahan dari Makassar - Male Indonesia
Pulau Samalona, Satu Lagi Keindahan dari Makassar
Gading Perkasa | Relax

Banyak hal dapat dilakukan saat Anda berkunjung ke kota Makassar. Bukan sekadar mencicipi kulinernya yang lezat dan otentik, Anda juga bisa datang ke sejumlah destinasi menarik selama berada di sana. Salah satunya yaitu Pulau Samalona.

wikimedia commons

Pulau Samalona adalah pulau kecil yang berada di dekat Pantai Losari, karena memiliki luas hanya sekitar 2 hektar saja. Meski demikian, pulau ini menyimpan keindahan bawah laut yang begitu menakjubkan dan siap membius siapa saja ketika tiba di sana.

Bisa dipastikan, Anda akan dibuat terdiam seribu bahasa mengagumi Pulau Samalona yang memiliki pemandangan eksotis. Lautan biru nan jernih, ditambah lagi kemilau pasir putih dan desiran ombak, semua bikin Anda enggan meninggalkan tempat ini.

Terletak di bagian barat kota Makassar atau sekitar 2 kilometer dari Pantai Losari, Anda bisa menuju Pulau Samalona dengan menggunakan speedboat dari dermaga di Benteng Fort Rotterdam. Selain itu, alternatif transportasi lebih terjangkau adalah menyewa perahu umum dari warga setempat.

Dari salah satu dermaga Kota Makassar tersebut, perjalanan menuju Pulau Samalona ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit. Ketika tiba di sana, Anda akan merasakan suasana yang sangat teduh dengan air laut jernih. Bahkan saking jernihnya, Anda dapat menyaksikan keindahan terumbu karang langsung dari atas perahu.

Berbagai aktivitas menarik juga ditawarkan di pulau ini. Misalnya saja mengeksplorasi pulau hingga snorkeling, sembari mengabadikan terumbu karang dan sekelompok ikan yang berenang di sekitarnya.

Anda bisa menyewa alat snorkeling yang telah disediakan oleh warga di pulau tersebut. Tergantung dari jenis fasilitas yang Anda inginkan. Bukan cuma snorkeling, diving di Pulau Samalona patut untuk Anda coba.

Photo credit: AbyssWriter on Visual hunt / CC BY-NC-SA

Setelah puas bermain air, di pulau ini juga terdapat sejumlah kedai yang menyediakan olahan khas daerah pesisir, seperti ikan dan kepiting bakar. Di sini tentunya Anda wajib mencicipi kuliner khas yang ada di Pulau Samalona.

Selain itu, Samalona menyimpan beberapa peninggalan kapal dari Perang Dunia 2. Sedikitnya ada tujuh kapal tenggelam di daerah pulau. Seperti kapal Maru (kapal perang Jepang yang tenggelam di kedalaman 30 meter), Lancaster Bomber, kapal kargo Hakko Maru dan lain-lain.

Saat ini, bangkai kapal-kapal tersebut telah berubah menjadi karang dan menjadi rumah bagi ratusan kehidupan laut. Para wisatawan biasanya datang untuk berenang di antara bangkai kapal. [GP]

SHARE