Bikin Tulang Kuat dengan Konsumsi Makanan ini - Male Indonesia
Bikin Tulang Kuat dengan Konsumsi Makanan ini
MALE ID | Sex & Health

Susu punya kandungan kalsium yang tinggi untuk tulang dan terbukti membantu mengendalikan rasa lapar serta mengurangi lemak tubuh. Kalsium sering dikaitkan dengan pengurangan risiko diabetes tipe 2, dan tingkat tekanan darah yang stabil.

Pixabay

Sejumlah penelitian menemukan, kandungan kalsium lebih efektif membakar lemak. Dalam satu gelas susu, terdapat 305 miligram kalsium. Sementara orang dewasa harus mendapat sekitar 1.000 miligram kalsium per hari.

Lalu, bagaimana kalau Anda tidak menyukai susu? Tenang saja, Anda masih bisa memenuhi kebutuhan akan kalsium lewat sejumlah makanan berikut, seperti dilansir dari Reader’s Digest.

Sarden
Meskipun sarden dapat dinikmati dalam keadaan segar, ikan ini mudah rusak. Itu sebabnya sarden paling sering dikemas kalengan. Konsumsi tiga ons sarden akan memberi Anda 370 miligram kalsium. Selain itu, sarden merupakan sumber asam lemak omega-3 dan vitamin D.

Salmon
Tak hanya sumber protein, salmon juga kaya akan kalsium melebihi segelas susu. Salmon dalam kondisi segar maupun kalengan punya lebih banyak kalsium dari yang Anda duga.

Satu porsi salmon segar mengandung sekitar 340 miligram kalsium. Sementara salmon kalengan porsi lima ons mengandung 350 miligram kalsium.

Sayuran hijau
Sayuran hijau adalah sumber kalsium yang bagus. Sayuran hijau seperti bayam, daun sawi, bok choy, lobak hijau, dan kangkung membuat tubuh menyerapnya lebih baik daripada susu.

Dua cangkir lobak hijau mengandung 394 miligram kalsium, dan dua cangkir kubis mengandung 188 miligram.

Jus jeruk
Jus jeruk tak hanya menyegarkan dan kaya vitamin C, melainkan juga sumber kalsium terbaik. Secara alami, jus jeruk tinggi nutrisi penting, seperti vitamin C, kalsium dan vitamin D.

Segelas jus jeruk mengandung 350 miligram kalsium, cara sempurna bagi Anda yang alergi susu. Pastikan mengaduk jus sebelum meminumnya karena terkadang kalsium dapat mengendap di bagian bawah.

Almond
Kacang almond dikemas dengan vitamin, mineral, protein, serat, dan bermanfaat bagi kesehatan. Hanya beberapa butir almond, sekitar 1 ons, mengandung seperdelapan dari kebutuhan protein harian. Tiga perempat cangkir almond mengandung sekitar 320 miligram kalsium.

Oatmeal
Oat adalah gandum utuh bebas gluten dan sumber vitamin, mineral, serat, serta antioksidan yang penting. Studi menunjukkan, gandum dan oatmeal memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk penurunan berat badan, kadar gula darah lebih rendah dan mencegah penyakit jantung.

Setengah cangkir oat kering mengandung 200 miligram kalsium. Mau lebih banyak kalsium? Tambahkan dengan secangkir susu almond sehingga jumlah kalsium meningkat sekitar 300 - 400 miligram. [GP]

SHARE