Dubrovnik, Permata di Kawasan Mediterania - Male Indonesia
Dubrovnik, Permata di Kawasan Mediterania
Gading Perkasa | Relax

Jika bicara tentang kawasan Mediterania, apa yang ada di benak Anda? Pastinya laut biru yang indah, dengan pulau-pulau dan kota-kota menawan di pesisirnya.


Pixabay.com

Laut Adriatik adalah sisi lain dari kawasan Mediterania. Kota-kota yang mengelilinginya pun tak kalah menakjubkan. Bayangkan saja jika eksotisme Mediterania dibawa oleh negara-negara dingin seperti Kroasia.

Salah satu kota yang dianugerahi sisi cantik Laut Adriatik adalah Dubrovnik. Berada di sebelah selatan Kroasia, kota ini menyandang julukan ‘Pearl of Adriatic’. Mau tahu kenapa?

Agak susah membayangkan sebuah kota di pinggir pantai dikelilingi benteng sepanjang dua kilometer. Di balik benteng itu, terdapat bangunan khas abad pertengahan. Kira-kira apa yang lebih indah daripada gabungan benteng, kastil, jalanan berbatu-batu, serta pesisir laut biru yang berpantai putih bersih?

Maka tak heran UNESCO menobatkan Dubrovnik sebagai Situs Warisan Dunia sejak tahun 1979. Seperti dilansir Lonely Planet, dari kota ini pula lahir banyak seniman dan ilmuwan.

Kastil, gereja, museum, hingga rumah penduduk di Dubrovnik luar biasa mengagumkan. Nyaris tak ada sisa-sisa perang kemerdekaan Kroasia pada 1991-1995, walau di beberapa bangunan lubang peluru masih membekas.


Pixabay.com

Untuk mencapai kawasan kota tua, Anda harus menembus benteng lewat tiga pintu. Pintu utamanya adalah Inner Pile Gate, dimana Anda bisa menyaksikan seluruh wilayah kota tua dari sudut yang pas.

Setiap bangunan tampak tua, berdiri megah tanpa terusik zaman. Kastil-kastil masih kokoh disinari matahari. Pepohonan rimbun di sekelilingnya juga tampak menikmati hembusan angin pesisir. Sejenak, kecantikan kota tua Dubrovnik membuat Anda lupa diri.

Bell Tower punya sebuah lonceng raksasa yang berbunyi tiap jam. Cukup melihat dan mengabadikannya dalam kamera, lalu langkahkan kaki ke arah barat. Sponza Palace langsung tampak di sudut mata. Bangunan bergaya gothic ini adalah satu-satunya yang bertahan dari gempa di tahun 1667 silam.

Placa Stradun merupakan alun-alun kota Dubrovnik. Di siang hari, Anda bisa menyusuri gang-gang yang dipenuhi restoran dan kafe. Ketika malam tiba, tempat ini menjadi spot favorit warga lokal untuk kencan.

Jangan lupa menyempatkan diri ke Pantai Lapad. Terletak 3,5 kilometer dari kota tua, Anda disuguhkan hamparan pasir putih yang seolah tanpa batas. Sekadar bersantai di bawah pohon rindang memandangi langit biru bakal bikin Anda betah. [GP]

SHARE