Kiat Liburan Pakai Sepeda yang Penuh Tantangan - Male Indonesia
Kiat Liburan Pakai Sepeda yang Penuh Tantangan
MALE ID | Relax

Adik dari penyanyi Andien Aisyah, Diego Yanuar belum lama ini telah menyelesaikan perjalanannya bersepeda dari Belanda ke Indonesia. Perjalanan Diego itu ditempuh selama 332 hari, dimulai pada April 2018 dari Belanda kemudian tiba di Indonesia pada pengujung Februari 2019.

doc. Diego Yanuar/@diegoyanuar

Diego Yanuar menuturkan, perjalanan di Tajikistan sangat menantang. Alasannya, karena melintasi pegunungan di ketinggian lebih dari 4600 meter di atas permukaan laut, juga udara saat itu begitu terasa dingin karena salju siap turun.

Diego juga menuturkan banyak hal yang menyenangkan dari keindahan alam yang ia lintasi Belanda-Indonesia. Tetapi juga ada pengalaman yang menegangkan.  Karena masuk ke beberapa negara, sudah pasti pernah mengalami kendala di perbatasan. Pertama, ketika hendak menyeberang ke perbatasan Serbia-Rumania. 

Bendera Belanda yang terpasang di sepeda membuat Diego dicegat polisi perbatasan. Belanda terkenal sebagai negara yang melegalkan ganja. Karena itulah, Diego dicurigai polisi setempat. Tentu saja bilang tidak. Suasana kemudian mencair dan mereka mengobrol sebentar di perbatasan itu.

Selain itu, tantangan lain mungkin bisa saja terjadi, seperti ban bocor, rante bermasalah, atau bahkan sesuatu yang tidak diinginkan. Maka dari itu, Diego Yanuar berbagi kiatnya saat menjalani traveling menggunakan sepeda.

Diego Yanuar mengatakan perlu niat dan menikmati pengalaman apa pun yang ditemukan selama perjalanan. "Ide perjalanan untuk keluar dari rutinitas, bukan (harapan) apa yang mau ditemui," kata Diego.

Diego Yanuar yang dalam perjalanan tersebut didampingi rekannya Marlies Fennema melintasi 23 negara, menempuh perjalanan 12.000 kilometer dengan sepeda, juga menyebutkan bahwa kejutan di perjalanan akan lebih menyenangkan. "Lebih enak kalau ketemu surprise di jalan," ujarnya.

Dari pengalamannya selama bersepeda lintas negara itu, menurut dia niat yang kuat akan memberi motivasi untuk menikmati perjalanan. "Saya banyak ketemu travellers yang benar-benar naik sepeda keranjang, tetap dibawa ke pegunungan di Tajikistan," tuturnya.

Namun itu semua juga bukan berarti mengabaikan persiapan barang bawaan selama bersepeda. Bila perjalanan jauh lintas negara, pakaian sangat penting untuk menyesuaikan dengan musim di tempat yang disinggahi. 

Kemudian juga olahraga yang rutin untuk menunjang stamina saat bersepeda. "Olahraga perlu bukan untuk perjalanan saja, tapi untuk kehidupan sehari-hari," katanya. *** (SS)

SHARE