10 Menit, Anda Bisa Mencegah Radang Sendi - Male Indonesia
10 Menit, Anda Bisa Mencegah Radang Sendi
Sopan Sopian | Sex & Health

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan ada secercah harapan untuk mencegah radang sendi rheumatoid arthritis (RA). Pencegahan itu hanya sedang berjalan tidak lebih dari 10 menit saja.

pxhere.com

Para peneliti dari Feinberg School of Medicine di Northwestern University di Chicago menyebutkan, kurang dari 10 menit sehari jalan cepat dapat membantu mencegah kecacatan pada orang dengan nyeri radang sendi di lutut, pergelangan kaki atau kaki.

"Hanya satu jam seminggu aktivitas fisik yang cepat kurang dari 10 menit sehari bagi orang untuk mempertahankan kemandirian mereka. Ini sangat bisa dilakukan," kata pemimpin penulis studi Dorothy Dunlop dalam laman UPI

Dia adalah profesor kedokteran pencegahan di Feinberg School of Medicine di Northwestern University di Chicago. "Ambang minimum ini dapat memotivasi orang dewasa yang tidak aktif untuk memulai jalan mereka menuju gaya hidup aktif secara fisik dengan berbagai manfaat kesehatan yang dipromosikan oleh aktivitas fisik," tambah Dunlop.

Studi yang diterbitkan dalam American Journal of Preventive Medicine itu, Dunlop dan timnya menganalisis empat tahun data dari lebih dari 1.500 orang dewasa di Baltimore, Pittsburgh, Columbus, Ohio, dan Pawtucket, RI, yang mengalami rasa sakit atau kekakuan pada sendi-sendi mereka yang lebih rendah akibat osteoartritis tetapi pada awalnya bebas dari kecacatan.

 
 

Satu jam seminggu aktivitas fisik sedang hingga kuat mengurangi risiko kecacatan mereka, penelitian menemukan. Secara khusus, kegiatan ini mengurangi risiko berjalan terlalu lambat untuk menyeberang jalan dengan aman hingga 85 persen, dan risiko mereka tidak dapat melakukan aktivitas hidup sehari-hari - misalnya, tugas rutin pagi seperti berjalan melintasi ruangan, mandi dan berpakaian hampir 45 persen.

Pada akhir empat tahun, 24 persen dari peserta yang tidak mendapatkan satu jam aktivitas fisik cepat setiap minggu berjalan terlalu lambat untuk menyeberang jalan dengan aman, dan 23 persen mengalami kesulitan melakukan rutinitas pagi mereka, menurut penelitian.

Sekitar 14 juta orang Amerika yang lebih tua memiliki osteoartritis lutut simptomatik, jenis osteoartritis yang paling umum. Sekitar 2 dari 5 orang dengan osteoartritis, kebanyakan dari mereka menderita persendian bawah mengalami kecacatan.

Pedoman Federal merekomendasikan aktivitas fisik berdampak rendah untuk orang dewasa yang lebih tua dengan artritis, dan merekomendasikan bahwa orang dewasa yang lebih tua melakukan setidaknya 2,5 jam seminggu aktivitas intensitas sedang.

Tetapi jumlah aktivitas itu bisa terlalu banyak untuk orang dewasa yang tidak aktif dengan nyeri ekstremitas bawah, menurut Dunlop. "Kami berharap temuan kesehatan masyarakat yang baru ini akan memotivasi tujuan kegiatan fisik menengah," katanya.

"Satu jam seminggu adalah batu loncatan bagi orang-orang yang saat ini tidak aktif. Orang-orang dapat mulai bekerja untuk itu," tambahnya. *** (SS)

SHARE