Kesemutan Saat Olahraga, Ini Penyebabnya - Male Indonesia
Kesemutan Saat Olahraga, Ini Penyebabnya
Sopan Sopian | Sport & Hobby

Kesemutan adalah hal yang biasa terjadi. Biasanya hal itu ketika terlalu lama duduk atau juga terlalu lama berdiri. Namun apa jadinya ketika kesemutan itu berlangsung saat berolahraga? Tentunya sangat mengganggu.

pixabay.com

Terjadinya kesemutan di saat melakukan olahraga bukan hal yang terjadi secara kebetulan dan tanpa sebab, ada beberapa faktor yang harus diketahui, sehingga kesemutan itu bisa dihindari dan aktivitas olahraga untuk meraih kesehatan berjalan dengan baik. Mengutip dari berbagai sumber, berikut ini beberapa penyebab mengapa kesemutan itu terjadi saat berolahraga.

Oksigen
Oksigen merupakan kebutuhan yang di perlukan tubuh terutama manfaat yang dihasilkan dengan memecah cadangan lemak dan gula dalam tubuh dan di ubah menjadi energi. Ketika oksigen dihirup ke dalam paru-paru maka oksigen tersebut akan disalurkan kembali ke jantung, ketika sudah mencapai jantung, akan disalurkan kembali ke otot melalui aliran darah.

Ketika melakukan olahraga dan melakukan gerakan tiba-tiba tanpa melakukan pemanasan akan membuat kebutuhan oksigen di otot akan meningkat dengan mendadak juga. Kebutuhan oksigen secara mendadak tersebutlah maka akan membuat tubuh belum siap dan menyesuaikan untuk memenuhi kebutuhan oksigen kesetiap tubuh. 

Sehingga oksigen yang disalurkan tidak menyeluruh, makanya seseorang yang mengalami kesemutan biasanya terjadi sekitar tangan atau kaki, karena kaki dan tangan memiliki jarak yang paling jauh dari organ tubuh lainnya untuk memenuhi kebutuhan oksigen. Ketika tidak tercukupinya oksigen di tangan dan di kaki, maka kesemutan akan terjadi.

Sepatu yang Terlalu Ketat
Salah satu penyebab tersering kesemutan dan rasa baal di jari kaki saat olahraga adalah penggunaan sepatu yang terlalu ketat. Pastikan sepatu olahraga sudah sesuai dengan ukuran kaki dan jenis olahraga.

Elektrolit
Elektrolit penting untuk menjaga fungsi otot dan saraf. Selain itu, elektrolit berperan untuk mengatur hidrasi tubuh, PH darah, tekanan darah, dan memperbaiki jaringan tubuh yang rusak.

Jika terdapat ketidakseimbangan elektrolit; otot akan melemah, kaku, dan mengalami kesemutan di tangan serta kaki. Saat olahraga, tubuh akan kehilangan elektrolit melalui keringat. Jika tidak mengganti elektrolit yang hilang, Anda bisa mengalami kesemutan di tangan dan kaki.

Defisiensi vitamin
Menurut jurnal Neurologic Clinics, defisiensi atau kekurangan vitamin tertentu seperti vitamin B1 (thiamine), B6 (pyridoxine) dan B12 (cobalamin) dapat menyebabkan keluhan kesemutan dan rasa baal. Untuk itu jika penyebabnya adalah kekurangan vitamin, maka konsumsi multivitamin yang mengandung vitamin B1, B6 dan B12 diperlukan.

Jangan anggap remeh gejala kesemutan, terlebih bila keluhan tersebut muncul terus-menerus. Anda perlu segera berkonsultasi lebih lanjut ke dokter jika mengalami gejala kesemutan saat berolahraga.

Penyakit Tertentu Menyebabkan Kesemutan
Terjadinya kesemutan bisa disebabkan oleh penyakit tertentu, seperti kerusakan di organ ujung saraf, penyakit ini dinamakan dengan peripheral neuropathy yang biasa terjadi bagi seseorang yang terjangkit penyakit diabetes. peripheral neuropathy itu sendiri dapat menyebabkan kesemutan ketika seseorang melakukan olahraga. *** (SS)

SHARE