Cerita Endah N Resha Ciptakan Lagu Baru Andien - Male Indonesia
Cerita Endah N Resha Ciptakan Lagu Baru Andien
Sopan Sopian | News

Endah N Rhesa memutuskan menerima pinangan Andien untuk berkolaborasi dalam lagu "Everything in Between". Keduanya pun merasa tersanjung mendapatkan kesempatan untuk melakukan sebuah proyek bersama. 

Akan tetapi, duo yang digawangi oleh Endah Widiastuti dan Rhesa Aditya itu pun menjadi salah satu tantangan terberat mereka. "Sebagai penulis lagu ini berat buat persembahkan lagu, apalagi bikin lagu bareng dengan penyanyi yang saya hormati," kata Endah. 

Di samping itu, tantangan terberat lainnya terletak pada cara tepat menyampaikan perasaan Andien kepada adiknya Diego Yanuar yang melakukan perjalanan menggunakan sepeda. Karena lagu tersebut memang terinspirasi dari Diego Yanuar. 

"Pas bikin lagu pertama, entah kenapa aku nggak sreg dan aku baca lagi, sehingga tantangan ini bagaimana mau jujur sama perasaan ini," sambung Endah.

Endah pun tidak menampik awalnya memang ada tekanan karena nama besar Andien dan kisah perjalanan besar yang dilakukan dalam proyek Everything in Between. Akan tetapi pada akhirnya rasa itu bisa diolah menjadi sebuah penyampaian emosi yang positif untuk bisa membuat lagu yang ditunjukkan untuk semua orang.

 
Selain itu, pelantun lagu Wish You Were Here itu juga mengaku ada kecocokan dengan Andien dan pengalaman yang dilakukan adiknya, karena pernah melakukan perjalanan menggunakan sepeda. "Kita pernah bersepeda dari Salatiga-Semarang dan merasakan momennya di atas sepeda, beda dengan ketika di rumah yang banyak gangguan," kata Endah.

Pengalaman ini mirip dengan yang dilakukan Marlies Fennema dan Diego Yanuar dari Nijmengen (Belanda) ke Jakarta (Indonesia) yang menjadi inspirasi Everything in Between. Meski tidak menempuh jarak yang jauh seperti Marlies dan Diego, pasangan suami istri ini merasakan bagaimana perjalanan itu membuat mereka menemukan jawaban. Bahkan jawaban muncul ketika tidak mencarinya.

Kesamaan pengalaman ini yang coba dituangkan dalam sebuah lagu yang memang membahas sebuah pencarian diri. Untuk lebih menggali bagaimana perjalanan yang ditemukan kedua orang yang menjadi inspirasi lagu tersebut, Endah banyak membaca kisah perjalanan Marlies dan Diego.

Menurut Andien, ide untuk menjadikan perjalanan adiknya sebagai lagu tak datang begitu saja. Dirinya menjadi yakin setelah bertemu dengan beberapa teman yang juga berkecimpung di dunia tarik suara.

"Dari waktu mereka (adik Andien) tiba di Kamboja kalau enggak salah, aku, Mbak Endah dan Mas Rhesa juga produser Nikita Dompas bertemu dan menginisiasi membuat sebuah lagu untuk mengenai perjalanan ini," ucapnya. *** (SS)

SHARE