Memilih Barbershop untuk Kepala Kering & Sensitif - Male Indonesia
Memilih Barbershop untuk Kepala Kering & Sensitif
MALE ID | Looks

Bagi para pria, memiliki kulit kepala kering dan sensitif adalah hal yang kerap dialami oleh sebagian orang. Tahukah Anda, bahwa jika masalah kulit kepala sensitif tidak diatasi dengan baik, dapat memicu berbagai penyakit-penyakit lainnya yang sangat merugikan kesehatan Anda.

doc. Pancos Barbershop

Permasalahan kulit sensitif yang kerap terjadi, adalah timbulnya radang di kepala yang menjadikan kepala sering digaruk sehingga kulit kepala menjadi kemerahan, kemudian munculnya ketombe dan terkadang membuat rambut cepat rontok. 

Kulit kepala yang radang akibat sering digaruk menimbulkan luka yang akhirnya dapat dengan mudah dimasuki bakteri sehingga memicu permasalahan kesehatan lainnya. Hal ini bisa saja dimulai karena pemilihan merk shampo untuk kulit sensitif yang salah sampai dengan kurang higienisnya alat yang dipakai ketika melakukan cukur rambut.

Menurut dr. Stanley Setiawan, Sp.KK, pada dasarnya tidak semua orang memiliki kulit kepala kering dan sensitif namun ada beberapa individu yang memiliki kondisi khusus seperti dermatitis atau eczema, dimana kulit kepala seseorang cenderung cepat bereaksi terhadap pengaruh apapun, baik secara internal dan eksternal. 

Faktor-faktor internal yang dapat mempengaruhi kulit kepala kering dan sensitif seperti kelelahan, kurang tidur, kondisi badan yang turun, sedangkan faktor-faktor eksternal adalah perubahan cuaca dan asupan gizi seseorang.

dr. Stanley menambahkan, kulit kepala yang sehat dapat dikenal dengan kondisi kulit kepala yang tidak terlalu berminyak dan tidak terlalu kering. Jika terjadi kondisi diluar itu, bisa dikategorikan itu adalah kulit kepala yang sensitif, seperti kulit kepala yang bersisik halus sampai lembaran sisik, mudah gatal dan kemerahan. 
Kulit kepala yang sensitif dapat diatasi dengan menghindari faktor-faktor pencetus kulit kepala sensitif, yaitu menggunakan produk rambut yang berbahan natural/organik, memperhatikan makanan yang dikonsumsi, perubahan udara dan iklim dan memilih barbershop yang memiliki kebersihan di semua level baik kebersihan tempat serta alat yang digunakan. 

Selain itu, ketika mencukur rambut, hal yang penting harus dilakukan adalah komunikasi dengan barber yang dikunjungi, pastikan barbershop yang dikunjungi mempunyai sarana yang bisa mengakomodasi pelanggan yang memiliki kulit sensitif.

Memahami betul akan permasalahan kulit kepala dapat menyebabkan penyakit, Henoch Sitompul pemilik dari Pancos Barbershop mengataan bahwa, dirinya kerap menjunjung tinggi faktor kebersihan di dalam barbershop miliknya untuk menjaga kesehatan para pelanggan. 

“Untuk memberikan standar higienis dalam barbershop saya, saya  turut menerapkan inspeksi harian untuk alat-alat yang digunakan dan kesiapan para barber sebelum dimulainya jam operasional barbershop miliknya," ucap Hanoch.

"Bagi pelanggan yang memiliki kulit sensitif, Pancos Barbershop mengatasinya dengan cara segera membersihkan rambut dengan alat khusus, sehingga tidak menimbulkan radang yang lebih besar dan menunjang hadirnya permasalahan kesehatan lainnya”, tambah Henoch. *** (SS)

SHARE