Jenis Motivasi untuk Produktivitas Kerja Anda - Male Indonesia
Jenis Motivasi untuk Produktivitas Kerja Anda
Sopan Sopian | Works

Setiap pekerjaan membutuhkan motivasi dan beberapa motivasi tersebut bahkan tidak terbayangkan. Motivasi kerja dapat menentukan kesuksesan seseorang dalam bidang pekerjaan yang digeluti.

pixabay.com

Orang yang sukses mampu meraih kesuksesan dan mimpi mereka karena mereka telah menemukan motivasi kerja dalam dirinya. Mereka berusaha untuk meningkatkan kualitas kinerja dengan mengejar nilai-nilai etos kerja yang positif seperti kerja keras, disiplin tinggi, konsistensi, tanggung jawab, dan lainnya.

Mengapa mereka melakukannya dan dapat mampu meraih kesuksesan yang mereka impikan? Karena mereka telah menemukan motivasi kerja dalam diri mereka yang membuat mereka memiliki kualitas dan performa kerja yang baik. Nah itu mungkin hanya salah satu dari sekian banyak motiviasi. Di samping itu, ada jenis motivasi lain bagi karyawan auntuk produktivitas kerja.

Terjamin Secara Finansial
Motivasi pertama adalah mendapatkan gaji bulanan atau terjaminnya seorang karyawan secara finansial. Tak peduli Anda sebagai pegawai negeri sipil, karyawan tetap, atau karyawan kontrak, penghasilan bulanan adalah satu hal yang Anda cari.

Mengapa? Karena dengan gaji bulanan Anda dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan hidup Anda. Misalnya membeli ebutuhan sehari hari seperti makan dan minum, sandang dan papan. Kemudian kebutuhan pakaian bagus, memiliki rumah impian, dan lain sebagainya.

Motivasi Memiliki Jabatan yang Didambakan
Bukan hanya sekedar bekerja dan menyelesaikan tugas harian. Karyawan dengan motivasi ini akan mendedikasikan setiap pekerjaan dengan push of limit, artinya karyawan bekerja dan mengeksplor lebih dari 100% kemampuan yang dimiliki.

Alasannya karena mereka harus menjadi individu yang lebih baik dari komunitasnya. Dengan jabatan yang diincar maka mereka akan senantiasa meningkatkan kemampuan dan skill yang sudah dimiliki untuk mendukung karier. 

Tanpa sadar, dengan memiliki motivasi ini Anda akan dipaksa bersaing dengan rekan kerja, menjadi yang terbaik di antara teman-teman kantor, memiliki ide-ide terbaik dan akhirnya akhirnya akan menjadi staf yang unggul dari segi apapun.

 
Belajar dan Mencari Pengalaman
Tidak semua karyawan bekerja untuk mendapat gaji atau karier yang bagus. Ada beberapa yang ingin belajar dan mencari pengalaman.

Biasanya mereka memiliki pemikiran jangka panjang yang komplek, misalnya ingin belajar menjadi karyawan sebelum membangun perusahaan, belajar bagaimana SOP di sebuah perusahaan berjalan, bagaimana sistem pengaturan dan struktur sebuah perusahaan, atau belajar bagaimana sebuah perusahaan menjadi sukses.

Menjadikan Pekerjaan Sebagai Hobi
Bayangkan, apa yang Anda kerjakan adalah hobi Anda, dari hobi Anda di bayar. Ini bukan omong kosong, nyatanya motivasi karena hobi akan membuat semangat dalam bekerja berkali-kali lipat. Melakukan pekerjaan dengan rasa cinta, sesulit apapun pekerjaan akan terasa mudah dan menyenangkan.

Jangan bekerja hanya untuk menyelesaikan kewajiban atau hanya mencari uang, Karena bila Anda hanya mencari uang dan kewajiban akan terasa berat dan tidak akan menyenangkan dalam bekerja. *** (SS)

SHARE