Penasaran, Uniknya Jam & Budaya Kerja Luar Negeri - Male Indonesia
Penasaran, Uniknya Jam & Budaya Kerja Luar Negeri
Gading Perkasa | Works

Rata-rata jam kerja di berbagai negara di dunia sangat bervariasi dengan keunikan tersendiri. Terdapat kebiasaan harian para karyawan yang rupanya turut memengaruhi waktu mereka di kantor.

Male IndonesiaPhoto by Buro Millennial from Pexels

Ada negara yang mengawali kerja sejak hari Minggu dan berakhir di hari Kamis. Artinya, seluruh karyawan di negara itu menikmati weekend pada Jumat dan Sabtu.

Bahkan, suatu negara menyediakan waktu istirahat makan siang hingga tiga jam. Penasaran? Ini ulasan lengkap mengenai jam kerja di berbagai negara di dunia, melansir dari This is Insider.

Kerja Dimulai pada Hari Minggu
Berbeda dari kebanyakan negara yang memulai kerja di hari Senin, Arab Saudi justru menjadikan Minggu sebagai awal pekan untuk bekerja. Orang-orang mulai bekerja lima hari hingga Kamis.

Rata-rata karyawan datang ke kantor pada pukul 8 pagi dan istirahat makan siang selama tiga jam. Setelah itu mereka kembali bekerja sampai pukul 6 sore.

Boleh Tidur Siang di Jam Kerja
Spanyol memiliki tradisi siesta, atau tidur siang yang biasanya dilakukan di jam kerja saat musim panas. Sebagai konsekuensinya, para karyawan di Spanyol yang mengambil kesempatan siesta harus pulang lebih telat, yakni pukul 8 malam.
RELATED ARTICLES

Waktu Istirahat Makan Siang Selama 2 Jam
Waktu istirahat selama 2 jam bertujuan agar karyawan dapat pulang ke rumah dan menikmati makan siang dengan keluarga sebelum kembali lagi ke kantor.

Pekerja di Italia mulai bekerja pukul 8.30 hingga 11.30. Mereka beristirahat hingga pukul 1.30 siang, dan bekerja sampai pukul 7 malam.

Sementara di Cina, para karyawan umumnya bekerja pukul 8.30, diselingi istirahat 2 jam sebelum kembali bertugas hingga pukul 6 sore.

Makan Malam Bersama Teman sekantor
Di Korea Selatan, makan malam bersama tim kerja di kantor (hwesik) merupakan hal yang biasa terjadi. Bahkan Anda bisa dianggap tidak sopan jika menolak hadir, meskipun itu memperpanjang waktu kerja Anda hingga pukul 9 malam.

Menurut laporan, setiap tahunnya karyawan di Korea Selatan bekerja selama 2.069 jam. Bandingkan dengan Amerika Serikat yang hanya sekitar 1.783 jam per tahun.

Jam Kerja Paling Sedikit di Dunia
Finlandia dan Kanada menjadi dua negara yang memiliki jumlah jam kerja paling sedikit per harinya, yaitu 6 jam 45 menit. Finlandia bahkan memberikan tiga kali waktu istirahat di sela jam kerja.

Negara dengan 12 jam Kerja Per Hari
Jam kerja terpanjang per hari ditemukan di Kamerun, Nigeria, dan Korea Selatan. Panjangnya jam kerja dipengaruhi oleh faktor budaya di negara tersebut.

Jam Kerja Paling Siang
Di Inggris, jam kerja dimulai pukul 8.50 pagi, 20 menit lebih lambat dari awal kerja di Amerika Serikat. Karyawan di Inggris sehari-hari pulang kantor pada pukul 5 sore.

Jam Kerja Ketat Tanpa Kompensasi
Orang Jepang rata-rata tiba di kantor pukul 8.30 dan pulang pada pukul 7 malam. Setelahnya, terdapat acara makan dan minum bersama tim sekantor, yang artinya Anda wajib hadir atau dianggap tidak sopan bila menolak.

Para pekerja di sana diminta hadir lebih awal dan bekerja lembur tanpa kompensasi. Itulah mengapa banyak tekanan bekerja di perusahaan Jepang dan meningkatkan risiko kematian akan kerja berlebihan atau karoshi. [GP]

SHARE