Manchester, Kotanya Pecinta Bola dan Seni - Male Indonesia
Manchester, Kotanya Pecinta Bola dan Seni
MALE ID | Relax

Bila disebutkan Manchester, apa yang terlintas di benak Anda? Klub sepak bola tersohor dunia, Manchester United dan Manchester City? Betul, kira-kira itulah jawaban yang orang berikan secara umum.

wikimedia commons

Kota Manchester juga lekat dengan musik. Sejumlah penyanyi dan musisi lahir dan besar di kota di wilayah barat laut Inggris tersebut. Sebut saja The Stone Roses, Simply Red, atau Take That. Semuanya akrab di telinga penikmat musik tanah air.

“Musik dan sepak bola merupakan simbol kesuksesan dari kota ini. Identitas regional itu penting. Manchunians punya identitas sangat kuat untuk merayakan kesuksesan, terutama ketika berhadapan dengan orang-orang Selatan dan Liverpool,” ujar Nick Crossley, sosiologis dari Manchester University, mengutip National Geographic.

Berikut sejumlah tempat di kota Manchester sebagai panduan wisata MALEnials. Check this out!

Greater Manchester
Greater Manchester punya area-area menarik untuk dikunjungi. Uniknya lagi, setiap area itu menawarkan kekhasan berbeda. Jadi, penggemar musik, sejarah, atau sepak bola, tak perlu khawatir apabila punya kesempatan berkunjung ke kota ini.

Old Trafford

Dari namanya saja, Anda sudah bisa menebak Old Trafford menawarkan apa. Ya, penggemar sepak bola dunia mengerti bahwa di sinilah tempat Manchester United bermarkas. Mendatangi Old Trafford bisa dikatakan sebagai sebuah perjalanan suci bagi pendukung The Red Devils.

Wisatawan yang datang pun tak perlu pusing-pusing mencari tempat tinggal karena ada Football Hotel bernuansa sepak bola. Sampai-sampai, toiletries di kamar mandinya berlabel legenda Manchester United beserta nomor kostum yang dipakai.

Northern Quarter
Buat penggemar musik dan seni, sempatkan ke wilayah ini. Ada Manchester Craft and Design Centre. Tempat yang di masa lalu berupa pasar ikan sekarang berubah fungsi menjadi showroom dan workshop sejumlah pekerja seni. Barang-barang unik pun bisa Anda temukan.

Jika ke Oldham Street, Anda akan menjumpai sejumlah kafe dijadikan tempat manggung para musisi. Selain itu, toko-toko piringan hitam menjual karya klasik dan musisi asli Inggris.

Corporation Street
Wilayah ini merupakan bagian modern dari Kota Manchester. Sejumlah toko dan pusat perbelanjaan serta beragam kafe ada di sini. Untuk pecinta sepak bola, National Football Museum menjadi tempat yang sayang dilewatkan.

Castlefield
Castlefield adalah area konservasi yang dilindungi. Terdapat benteng peninggalan Romawi yang sebagian masih kokoh hingga saat ini. Di sini juga ada kanal pertama yang menjadi penanda arus Revolusi Industri.

Museum Sains dan Industri Manchester di Liverpool Road berseberangan dengan Castlefield. Sesuai namanya, Liverpool Road pada zaman dahulu digunakan sebagai perlintasan barang dari Manchester ke Liverpool. [GP]

SHARE