Persiapan Untuk Atasi Rasa takut Naik Pesawat - Male Indonesia
Persiapan Untuk Atasi Rasa takut Naik Pesawat
MALE ID | Relax

Walau kecelakaan pesawat jarang terjadi, peristiwa itu sering dilaporkan secara luas, berulang kali dan diperlihatkan gambar puing-puing dan mayat-mayat yang ditutupi, menimbulkan rasa takut sebagian besar orang, sehingga akhirnya merasa takut untuk naik pesawat.

naik pesawat - male IndonesiaPhoto by JESHOOTS.COM on Unsplash

Ketika Anda merasa takut naik pesawat, tentunya membuat Anda sulit untuk menikmati liburan ke luar pulau atau ke luar negeri. Namun Anda jangan khawatir. Cobalah dan kalahkan rasa takut Anda itu.

Bangun Suasana Menikmati Penerbangan
Untuk menangkal rasa takut selama penerbangan dan membuat diri menikmati penerbangan bisa dilakukan dengan membaca buku baru, mendengarkan lagu favorit. Hal ini akan membantu menghibur dan mengalihkan perhatian dari setiap stres dan kecemasan yang mungkin dialami selama penerbangan.

Percaya Teknologi
Saat dalam penerbangan mungkin Anda akan merasa panik saat pesawat mengalami turbulensi. Turbulensi adalah kondisi perubahan kecepatan aliran udara yang menyebabkan goncangan pada badan pesawat.

Seorang pilot British Airways sekaligus penulis dari buku Flying With Confidence, mengatakan bahwa turbulensi adalah hal yang normal dan tidak berbahaya, anggap saja seperti mengemudi di atas jalan berbatu.

Oleh karena itu, janganlah merasa panik dan berpikir tejadi kerusakan pada mesin pesawat ketika mengalami turbulensi karena sebelum pesawat disetujui untuk melakukan penerbangan sudah pasti pesawat menjalani pengujian ketat secara menyeluruh untuk mengetahui kelayakannya. Selama mengikuti prosedur keselamatan dan menjaga diri tetap terikat dengan sabuk pengaman Anda akan aman.

Fokuslah pada Tujuan
Sebelum menaiki pesawat, fokuslah pada sesuatu yang dinantikan saat mendarat di tujuan. Entah itu melihat orang yang dicintai atau suasana pemandangan yang dinantikan. Ini bisa menjadi cara untuk mengalihkan pikiran kekhawatiran atau cemas saat berada di dalam pesawat itu sendiri dan berpikirlah agar bisa sampai tujuan dengan selamat dari penerbangan dan menikmati apa yang sedang dinanti di depan.

Ketahui Pememicu Rasa Takut
Kenali apa yang memicu perasaan cemas, apakah itu suara mesin pesawat atau karena suara pintu pesawat yang menutup. Setelah tau apa yang menjadi pemicu rasa takut Anda cobalah cari cara untuk meringankan rasa takut dari pemicu tersebut. Mungkin bisa dengan menggunakan headphone untuk menangkal suara yang membuat rasa cemas atau gemuruh itu. Dan fokuslah untuk mengatur serta menenangkan pernapasan Anda.

Bicaralah dengan Petugas
Para pramugari ada di sana untuk keamanan dan kenyamanan Anda, jadi jangan merasa ragu atau malu untuk mengakui perasaan kegelisahan, kekhawatiran atau ketakutan kepada mereka. Karena mereka dapat menenangkan Anda dari rasa takut itu. *** (SS)

SHARE