Bitchu Matsuyama, Keindahan Benteng di Atas Awan - Male Indonesia
Bitchu Matsuyama, Keindahan Benteng di Atas Awan
Sopan Sopian | Relax

Di Jepang banyak terdapat kastil (benteng). Namun hanya sekitar 10 kastil di Jepang yang belum pernah dipugar, masih asli. Salah satunya, bahkan letaknya seolah mengambang di langit karena letaknya yang begitu tinggi di puncak gunung. Kastil ini adalah Bitchu Matsuyama.

Photo by JJ Harrison on Wikipedia

Benteng Bitchu Matsuyama adalah benteng yang berada di puncak gunung tertinggi di Jepang dengan ketinggian 470 mdpl. Dari atas benteng Anda bisa melihat pemandangan kota yang indah. Benteng Bitchu Matsuyama berada sejauh 150 km di sebelah barat Osaka. Benteng ini terletak di puncak Gunung Gagyuzan yang berada di Kota Takahashi, Okayama.

Benteng Bitchu Matsuyama pertama kali dibangun pada Zaman Kamakura. Benteng ini berada di daerah yang strategis dan dijadikan sebagai benteng teritorial. Oleh karena itu, pada masa peperangan atau zaman Sengoku (bahasa Inggris) konflik terus terjadi di mana benteng ini pun terus berganti kepemilikan. Menara bentengnya yang masih tersisa hingga saat ini dibangun pada Zaman Edo, tepatnya tahun 1683.

“Bitchu” pada nama Bitchu Matsuyama merujuk kepada area di bagian barat Okayama yang berada di daerah Chugoku (bahasa Inggris). Oleh karena di Jepang juga terdapat benteng lain dengan nama Matsuyama, nama “Bitchu Matsuyama” digunakan untuk membedakan kedua benteng ini.

Dijuluki 'Benteng Langit'
Benteng Bitchu Matsuyama merupakan benteng yang dibangun di atas puncak setinggi 470 mdpl supaya tidak mudah diserang oleh musuh.

Oleh karena itu, pada pagi hari di akhir bulan September hingga awal bulan April benteng ini terlihat seolah-olah mengapung di atas lautan awan. Dari atas sini Anda bisa melihat pemandangan yang menakjubkan. Dengan adanya pemandangan ilusi yang begitu indah ini, membuat Benteng Bitchu Matsuyama mendapat julukan “Benteng Langit”, sama seperti Benteng Takeda yang berada di Prefektur Hyogo.

Pemandangan ini bisa Anda lihat di observatorium Benteng Bitchu Matsuyama. Lautan awan dapat terlihat saat cuacanya bagus, seperti pagi hari, tengah hari, dan saat temperatur udara cukup tinggi. Sebelum Anda pergi ke sini sebaiknya Anda memeriksa ramalan cuaca terlebih dahulu.

Ada Ruangan Khusus Bunuh Diri Raja
Di dalam benteng ini ada ruangan khusus sebagai ruangan "Shozoku no Ma". Atau ada yang mengartikan sebagai ruangan pergantian baju, mempersiapkan diri untuk bunuh diri saat sudah terjepit musuh.

Lebih terhormat mati bunuh diri ketimbang dibunuh musuh, karena tahu dirinya (sang Raja) sudah kalah. Itulah sebabnya ruangan itu juga sering disebut ruangan kuburan bagi para samurai dan raja.

Saat itu ruang tersebut sangat dilindungi karena dianggap sebagai ruangan sakral. Musuh boleh menang menguasai bangunan, tetapi tak boleh mengambil ruang sakral itu sebagai hati jiwa dan roh clan (klan) keluarga Bicchu Matsuyama yang sejati dan murni. Itulah kepercayaan yang ada. *** (SS)

SHARE