Produktivitas Kerja Terganggu Karena Kebiasaan Ini - Male Indonesia
Produktivitas Kerja Terganggu Karena Kebiasaan Ini
Sopan Sopian | Works

Menjadi lebih produktif adalah bagaimana bekerja lebih cerdas, bukan lebih keras dan menghabiskan seluruh hari. Sehingga tak sedikit karyawan bekerja lebih keras untuk mendapatkan produktivitasnya.

Pixabay.com

Alih-alih untuk mendapatkan produktivitas kerja, bekerja lebih keras dengan beberapa aktivitas justru dapat menurunkan produktivitas Anda sebagai karyawan. Aktivitas ini sayangnya tanpa banyak yang disadari, apa saja itu?

Multitasking
Kebiasaan pertama adalah multitasking. Kebiasaan ini berupa mengerjakan lebih dari satu pekerjaan dalam waktu bersamaan. Contohnya, Anda menulis laporan sambil membalas email atau membuka akun sosial media Anda (Twitter atau Facebook).

Mengapa multitasking menurunkan atau membunuh produktivitas? Karena multitasking membuat Anda tidak fokus pada pekerjaan atau tugas yang sedang dikerjakan. Solusi multitasking adalah mengerjakan satu tugas dalam sekali waktu (one task a time). Misalnya, Anda menulis laporan dari pukul 8 sampai dengan pukul 9

Perfeksionis
Kebiasaan kedua adalah perfeksionis. Ini menurunkan produktivitas karena menghindarkan Anda dari memulai pekerjaan. Sebagai contoh, Anda akan membuat laporan keuangan bulanan yang butuh data dari departemen lain. Anda menunggu data tersebut sampai ke tangan Anda sebelum mengerjakan laporan tersebut.

Hindari perfeksionis. Kerjakan dulu tugas atau pekerjaan Anda secepat mungkin. Tulis dulu bagian-bagian lain yang tidak perlu data, misalnya bagian pendahuluan. Data atau informasi lain yang diperlukan bisa Anda masukkan saat mengedit atau meninjau ulang pekerjaan Anda.

Kerja Hingga Larut Malam
Perlu diingat jika produktivitas seseorang akan menunun ketika pada pukul 5 sore, oleh karena itu Anda tidak disarankan untuk bekerja pada malam hari meskipun memiliki waktu luang. Apabila Anda bekerja hingga larut malam selama berjam-jam tentu akan membuat Anda merasa lelah dan tertekan. Selain itu juga rasa lelah yang Anda alami saat bekerja hingga larut malam akan membuat tubuh Anda tidak dapat bekerja secara produktif keesokan harinya.

Terlalu Sering Mengikuti Rapat
Tentu semua orang tahu jika rapat kerja biasanya dilakukan disaat jam kerja sedang berlangsung, jika Anda adalah kepala divisi didalam perusahaan, pastikan Anda tidak selalu memerintahkan bawahan Anda untuk rapat membahas rencana kerja divisi. 

Hal ini tentu saja agar karyawan yang sedang bekerja tidak kehilangan banyak jam kerja karena mengikuti rapat. Tentu saja, rapat biasanya akan menghasilkan sebuah hasil positif yang akan membuat sistem kerja berjalan dengan baik, namun jika terlalu sering dilakukan tentunya akan menggangu jam kerja anda dan bawahan. *** (SS)

SHARE