Jangan Lupa Kaki Saat membentuk Otot Tubuh - Male Indonesia
Jangan Lupa Kaki Saat membentuk Otot Tubuh
MALE ID | Sport & Hobby

Biasanya ketika melakukan olahraga, orang-orang hanya berfokus pada mengecilkan perut dan mengencangkan lengan. Padahal, ada banyak manfaat melatih otot kaki yang lebih dari sekadar kesehatan saja. 

Pixabay.com

Seperti yang diketahui, kaki sangat mendukung Anda dalam beraktivitas sehari-hari, maka Anda perlu juga untuk membangun massa otot kaki Anda. Selain itu, ada alasan lain, apa saja itu? Mengutip berbagai sumber, berikut ini alasan lain mengapa Anda juga harus memerhatikan otot kaki Anda.

Memperkuat Fungsi Dasar Kaki
Dengan melatih otot kaki, Anda akan memperkuat fungsi dasar kaki untuk berjalan, berlari, dan “alat” tubuh untuk berpindah tempat. Melatih otot kaki akan membuat Anda memaksimalkan fungsi kaki yang salah satunya juga adalah menopang tubuh dan sensor suhu tubuh. Otot kaki yang terlatih akan lebih sensitif dalam memberikan sinyal suhu yang aman untuk tubuh.

Penyeimbang Tubuh
Coba bayangkan jika seandainya Anda tidak memiliki otot kaki yang kuat? Otot kaki yang kuat sejatinya berfungsi sebagai penyeimbang dan penopang tubuh. Anda tidak akan bisa melangkah, berjalan, bahkan berlari bila tidak memiliki otot kaki yang kuat. Anda bisa berjalan tegak dan berdiri kokoh tidak lain karena adanya otot kaki.

Lutut Makin Prima
Banyak mitos yang beredar kalau jongkok dapat menyebabkan kerusakan pada lutut kita. Padalah, jika dilakukan secara benar, jongkok dapat memperkuat otot kaki pada bagian paha depan dan belakang.

Alhasil, lutut pun akan semakin terjaga kesehatannya. Menurut Joe Ardito, pendiri FitCrush personal training di New York City, membangun otot di sekitar sendi, khususnya pada daerah ligamen, dapat mencegah ligamen bermasalah. Seperti robek atau bengkok.

Membangun Kekuatan Tubuh 
Sit-up mungkin terlihat sebagai cara untuk membuat tubuh menjadi lebih kuat. Tapi sebenarnya sit-up hanya meningkatkan kekuatan otot perut dan dapat memperburuk punggung. 

Latihan kaki seperti lunges dan squats ternyata lebih baik untuk meningkatkan kekuatan tubuh. Hal itu disebabkan oleh bekerjanya berbagai otot inti pada waktu yang bersamaan. Tapi ingat, jangan meletakkan beban pada punggung kita bila ingin melakukannya.

Kaki Lebih Kekar
Kaki Anda tidak akan terlihat seperti kaki ayam. Latihan kaki akan membuat tubuh bawah Anda lebih berotot dan keren, tidak seperti tiang listrik.

Mengurangi Risiko Cedera
Terlalu mengabaikan bagian bawah tubuh, cedera lebih mudah menyergap Anda. Ketidakseimbangan otot, hamstring yang lemah, dan kurangnya mobilitas bisa mengantar Anda pada nyeri punggung bawah dan cedera ACL. 

Squat, lunge, dan deadlift akan membantu meningkatkan kekuatan hamtring, membangun otot di sekitar persendian yang lemah, dan memromosikan stabilitas serta mobilitas.

Jadi jika Anda serius membangun otot, mengembangkan kekuatan fungsional, dan mengurangi risiko cedera, Anda perlu melatih otot-otot kaki. *** (SS)

SHARE