Persiapan Hadapi Rotasi Pekerjaan di Kantor - Male Indonesia
Persiapan Hadapi Rotasi Pekerjaan di Kantor
Gading Perkasa | Works

Seorang karyawan tentu wajib mematuhi peraturan yang ditentukan perusahaan, termasuk kebijakan rotasi pekerjaan. Kendati demikian, hal itu sering membuat karyawan cemas.

Photo by Dylan Gillis on Unsplash

Ada yang merasa khawatir rotasi pekerjaan akan menurunkan kinerjanya karena harus menyesuaikan diri dan belajar banyak hal di posisinya yang baru.

Padahal, rotasi pekerjaan sebenarnya bertujuan mendongkrak produktivitas dan kreativitas karyawan. Sebab, wawasan dan keterampilan seseorang semakin bertambah.

Anda sebenarnya tak perlu takut cemas. Guna menghadapi rotasi pekerjaan dengan baik, berikut beberapa tips yang dirangkum dari berbagai sumber.

Cari informasi mengenai posisi baru

Perusahaan punya banyak divisi dan bagian dengan tugas dan karakteristik yang berbeda-beda. Saat akan dirotasi, pelajari sedikit-sedikit tiap bagian di perusahaan.

Paling tidak, cara ini bisa memberikan gambaran pada Anda tentang pekerjaan baru jika benar-benar terjadi rotasi. Anda pun tidak kaget karena sudah tahu apa yang harus dilakukan dan mampu mengikuti ritme kerja secara cepat.

Positif dan percaya diri

Kunci utama menghadapi rotasi pekerjaan adalah berpikir positif. Segala sesuatu yang terjadi tentu tidak akan berpengaruh terhadap diri dan kinerja Anda. Anda bisa memetik hal untuk dipelajari. Selalu ada alasan memaksimalkan hari kerja, dan itu membuat Anda semakin bersemangat.

Di samping itu, Anda harus tetap percaya diri pada kemampuan dan keterampilan kerja yang dimiliki. Pasti ada yang dapat Anda lakukan di posisi baru. Percaya diri dan sikap positif menjadi modal dalam meraih sukses meski dirotasi.

Tanyakan orang yang lebih pengalaman

Sebelum kebijakan rotasi diterapkan, coba tanyakan dengan karyawan yang sudah berpengalaman. Libatkan juga karyawan dari bagian lain. Tidak hanya memperbanyak informasi tentang tugas lain, diskusi bisa menguatkan Anda dan menghilangkan perasaan ragu-ragu.

Pada umumnya, orang yang telah berpengalaman di dunia kerja beranggapan rotasi sebagai hal wajar. Berdiskusi dengan mereka bakal bikin Anda jauh lebih tenang menghadapi situasi rotasi kerja di perusahaan.

Tinggalkan comfort zone!

Tahapan terakhir, pertimbangkan kembali hal baik dan buruk dari rotasi kerja Anda. Jika lebih banyak hal positif namun Anda menolak, bisa jadi Anda sedang terjebak di zona nyaman.

Jangan sampai Anda mengabaikan peluang yang penting bagi perkembangan hidup dan karier hanya karena tak ingin meninggalkan zona nyaman. [GP]

SHARE