Motor Listrik dari Mantan Insinyur Harley Davidson - Male Indonesia
Motor Listrik dari Mantan Insinyur Harley Davidson
MALE ID | Sport & Hobby

Mantan insinyur Harley Davidson, Erik Buell beberapa waktu lalu telah mendirikan perusahaan rintisan (startup) motor listrik yang disebut Fuell. Seperti dilansir dari The Verge, startup tersebut akan memproduksi sepeda motor listrik yang futuristik.

Fuell

Erik Buell bekerja sama dengan seorang pemilik perusahaan yang membuat sasis untuk ajang Formula E. Dari belasan sepeda motor listrik yang diumumkan setiap tahun, agaknya motor listrik Fuell benar-benar memiliki kesempatan menjanjikan.

Untuk motor listriknya disebut Flow. Motor ini hadir dalam dua versi, yaitu motor listrik 11 kW Flow-1 dan yang lainnya memiliki kode 35 kW Flow-1S. Desainnya dilengkapi dengan panel hitam serta aksen abu-abu dan hijau cerah.

Pihak pabrikan mengklaim, sepeda motor listrik tersebut mampu memenuhi kebutuhan setiap konsumen secara global.

Dilihat dari bagian depan, Flow disematkan lampu proyektor bertumpuk kembar dan memiliki kaca kecil. Motor ramah lingkungan ini juga tidak memerlukan rantai untuk menggerakkan roda belakang.

Tidak ketinggalan layar TFT dengan berbagai fungsi keamanan dan konektivitas. Kedua versi Fuell Flow dapat dipacu hingga jangkauan 125 mil atau 200 km. Proses pengisian baterai hanya memakan waktu sekitar 30 menit, menggunakan teknologi CCS 2.0 (Combined Charging System).

Erik mengatakan, motor listrik Flow mulai beroperasi pada tahun 2021 dengan banderol harga 11 ribu USD atau berkisar 156 juta rupiah. Harga ini mirip seperti sepeda motor dari pabrikan Zero, dan sepertiga dari harga sepeda motor listrik buatan Harley Davidson.

Keterjangkauan motor listrik dan teknologi baterai menandakan bahwa perusahaan motor listrik baru sudah semakin bertambah dari hari ke hari. Kendaraan bertenaga listik memiliki keandalan pada nol emisi dan akselerasi serta tenaga yang unggul.

Sebagai catatan, Erik Buell sempat menjalani bisnis di pasar motor konvensional dan mengalami kebangkrutan di tahun 2017 lalu. Ia pun memutuskan banting setir dan mendirikan perusahaan Fuell.

Di perusahaan barunya, ia dibantu oleh Frederic Vasseur yang notabene merupakan kepala tim Formula 1 Alfa Romeo dan pendiri Spark Racing Technology, serta Francois Xavier Terry, CEO Vanguard Moto Inc. Motor listrik Fuell Flow menjadi produk pertama hasil kolaborasi mereka bertiga. [GP]

SHARE