Tips Menabung yang Ternyata Tak Banyak Pengaruh - Male Indonesia
Tips Menabung yang Ternyata Tak Banyak Pengaruh
Gading Perkasa | Works

Zaman sekarang menabung bukan hanya untuk membeli kendaraan atau rumah, melainkan menyiapkan dana darurat seperti biaya kesehatan dan berhenti kerja. Sudah banyak tips menabung yang dibeberkan. Pertanyaannya, apakah Anda mengikuti tips tersebut dengan benar?

menabung - male Indonesiapexels.com

Menurut situs finansial The Motley Fool, tidak semua tips menabung berguna. Ada yang terkesan bagus, tetapi nyatanya kurang bisa optimal, malah akan membuat Anda menghamburkan uang.

Biar tak terjebak, simak tips menabung yang sebaiknya Anda hindari karena tidak efektif. Yaitu:

Menyisihkan Uang Kembalian
Menyisihkan kembalian, apalagi uang receh, rupanya masih populer. Namun jangan terjebak ilusi bahwa menyisihkan uang kembalian sama dengan menabung demi masa depan.

Bicara mengenai kembalian, nominalnya hanya di kisaran 500 - 1.000 rupiah, atau lebih kecil. Kalau Anda ingin menabung, cara seperti ini lebih baik ditinggal saja.

Belanja bulanan
Salah satu trik menghemat uang adalah belanja bulanan kemudian memasak sendiri di rumah. Ini dianggap bisa mengurangi keinginan untuk jajan di luar.

Belanja makanan bulanan tidak selalu efektif, kecuali Anda yakin dapat memasak bahan yang dibeli. Jika tidak, bahan makanan akan sia-sia. Apalagi jika ternyata apa yang Anda masak membutuhkan bahan yang banyak, sehingga pengeluaran pun cenderung sama atau bahkan lebih mahal.

Maka dari itu, Lebih baik membeli makanan seperlunya saja dan stok ketika Anda butuh.

Hanya Belanja Saat Diskon
Mencoba menabung lewat tidak belanja kecuali ada diskon? Itu tergolong cara menghemat uang yang klasik dan luar biasa menjebak.

Mengapa? Apabila tidak dapat mengendalikan diri, Anda akan kalap saat berbelanja sampai lupa apa yang ingin Anda beli. Alhasil, pengeluaran tetap besar meski banjir diskon.

Mengurungkan Niat ke Dokter
Sedang sakit, tapi enggan pergi ke dokter karena memilih untuk menyimpan uang? Coba bayangkan apa jadinya kalau penyakit Anda bertambah parah. Otomatis, uang yang dikeluarkan kian membengkak. Inilah pentingnya menyisihkan uang kesehatan dalam anggaran, sehingga Anda punya persiapan ketika sakit. [GP]

SHARE