Waktu Sempurna Mendaki Gunung Kelud di Kediri - Male Indonesia
Waktu Sempurna Mendaki Gunung Kelud di Kediri
MALE ID | Relax

Pada 2014 lalu, erupsi Gunung Kelud meluluhlantakkan kawasan wisata yang berada di Kecamatan Ngancar, Kediri. Aktivitas seismik mengakibatkan material erupsi tumpah dari perut bumi.

wikimedia commons

Abu dari erupsi Gunung Kelud bahkan sampai Ponorogo dan Yogyakarta, dan tercatat sebagai letusan terbesar sepanjang sejarah, melampaui yang terjadi pada 1990.

Tapi kini, Gunung Kelud kembali dapat dikunjungi wisatawan. Pemulihan telah dilakukan di berbagai sisi, misalnya jalur menuju puncak yang telah dijadikan kawah. Kalau MALEnials mau mendaki gunung tersebut, perhatikan waktu agar dapat momentum yang sempurna. Ini dia.

Menjelang Matahari Terbit
Kawah Kelud dikelilingi oleh tiga puncak, yakni Gajah Mungkur, Sumbing, dan Kelud. Salah satu titik yang bisa dikunjungi wisatawan untuk menikmati kawah Kelud adalah puncak Gajah Mungkur. Dari situ, kawasan wisata tersebut dapat disaksikan 360 derajat.

Menjelang matahari terbit, dua puncak lainnya menjelma siluet dengan latar kemerahan. Kemunculan matahari secara perlahan dari balik pegunungan menjadi momentum yang ditunggu-tunggu pendaki.

Perjalanan matahari menyiram cahaya kawasan pegunungan hingga meluruhkan seluruh lapisan kabut terlihat seperti proses melukis alam.

Di waktu itu pula, biasanya cuaca cerah, sekalipun sedang musim hujan. Langit tampak bersih dan minim awan mendung. Maka, dini hari merupakan waktu terbaik untuk mengabadikan panorama Gunung Kelud.

Petang di Musim Kemarau
Musim kemarau adalah waktu yang tepat untuk menyaksikan matahari tenggelam atau sunset, sebab minim kabut dan awan mendung. Apalagi dari Gunung Kelud, Anda bisa memotret matahari yang merunduk pelan-pelan di antara barisan pegunungan.

Kota Kediri yang kelihatan dari kawasan tersebut pun bakal bermandi cahaya violet. Terlihat dramatis dan menarik diabadikan. Lepas petang, cahaya matahari berganti dengan pemandangan malam.

Saat Upacara Larung Sesaji
Anda ingin melihat Gunung Kelud dalam rupa lain? Datanglah saat upacara larung sesaji. Biasanya diadakan setiap 1 Suro menurut penanggalan Jawa.

Pada saat itu, sesepuh di sekitar kawasan pegunungan akan memberi sesembahan yang dilarung ke kawah.

Untuk menuju kawasan Gunung Kelud, Anda harus menggunakan angkutan pribadi atau mobil sewaan dari Kota Kediri. Waktu tempuhnya kurang lebih 60 - 90 menit. [GP]

SHARE