5 Fitur Ini akan Terlihat Kuno di Masa Depan - Male Indonesia
5 Fitur Ini akan Terlihat Kuno di Masa Depan
MALE ID | Digital Life

Kehadiran teknologi yang semakin maju tentu akan dibarengi dengan teknologi lawas yang selanjutnya ditinggalkan. Perubahan itu bisa mencakup spesifikasi, teknologi, bahkan hingga pola bisnis yang diadopsi oleh suatu vendor.

Fitur Ponsel - Male Indonesia pexels.com

Tak usah jauh-jauh, beberapa fitur seperti baterai yang dapat dicopot dan beberapa fitur lain, kini sudah mulai hilang. Dihimpun dari GadgetsNow, setidaknya ada lima fitur pada smartphone yang mungkin di masa mendatang akan hilang.

Slot kartu SIM
Saat ini, para perusahaan telekomunikasi sedang berusaha untuk membuat sebuah smartphone bisa berjalan tanpa menggunakan kartu SIM. Salah satu caranya adalah dengan mengembangkan teknologi e-SIM.

Jika angka adopsi teknologi e-SIM semakin besar di kemudian hari, maka tak heran jika para operator telekomunikasi akan melenyapkan kartu SIM yang membuat produsen smartphone menghapus slot kartu SIM di perangkat mereka.

Slot MicroSD
Beberapa vendor saat ini sudah mulai memberikan pilihan kepada konsumen smartphone berkapasitas memori internal besar. Hal ini dikarenakan para pengguna mengeluh jika mereka tidak memiliki penyimpanan yang cukup selama beberapa tahun terakhir.

Jadi, bisa saja di masa depan, vendor dapat membuat sebuah smartphone dengan kapasitas memori yang sangat besar dan menghilangkan secara total slot MicroSD dari perangkat mereka.

Kamera Tunggal
Hal terakhir adalah hilangnya smartphone dengan kamera tunggal. Bahkan, hal ini sudah banyak terlihat di beberapa vendor besar.

Tak hanya di lini smartphone premium, tren kamera ganda pun sudah menjamur hingga di perangkat smartphone murah. Maka dari itu, bisa saja smartphone dengan kamera tunggal bisa menghilang di masa depan.

Lubang Earpiece
Earpiece merupakan speaker kecil yang digunakan saat mengerjakan panggilan telepon. Di masa mendatang lubang earpiece ini dapat saja tak akan digunakan lagi. Seperti speaker, lubang earpiece juga dapat hilang sebab adanya teknologi layar yang dapat menerbitkan suara. Dengan begitu vendor bisa meminimalisasi jumlah lubang pada smartphone yang diproduksi.

Pemindai Sidik Jari
Tak dapat diragukan lagi, pemindai sidik jari bisa disebut sebagai teknologi yang cukup baru. Bahkan, saat ini masih banyak pengguna yang nyaman untuk menggunakan sidik jari mereka saat membuka smartphone pribadi.

Sayangnya, saat ini sudah hadir teknologi pemindai wajah untuk membuka kunci smartphone, sampai ada yang memaksa para penggunanya melupakan pemindai sidik jari. Para penggemar teknologi menyukai fitur ini. Walau memang tidak seaman pemindai jari, seiring waktu teknologi pemindai wajah akan lebih baik. *** (SS)

SHARE