Jaga Sensor Fingerprint Lebih Awet dengan Trik Ini - Male Indonesia
Jaga Sensor Fingerprint Lebih Awet dengan Trik Ini
MALE ID | Digital Life

Jika dulu hanya bisa memasukan PIN atau kode pola untuk membuka ponsel yang terkunci. Kini pengguna dapat dengan mudah melakukan hal tersebut dengan fingerprint yang membuat ponsel otomatis terbuka.

Pixabay.com

Dengan teknologi fingerprint, keamanan smartphone tentunya lebih terjamin karena tidak perlu lagi repot untuk memasukkan kunci pin atau pola yang bisa dengan mudahnya diketahui orang lain.

Namun karena terlalu seringnya dipakai, panel fingerprint ini rentan sekali untuk mengalami kerusakan. Tentu bila tidak dijaga dengan baik akan membuat sesor fingerprint scanner bisa rusak. Mengutip dari berbagai sumber, berikut trik untuk menjaga sensof fingerprint agar tetap awet.

Jangan Pindai Selain Sidik Jari
Cara menjaga sensor fingerprint tetap awet adalah jangan sampai mencoba-coba memindai bagian tubuh yang lain selain jari untuk ditempelkan ke sensor tersebut karena bisa jadi scanner Fingerprint tersebut mengalami error atau malfungsi sehingga sangat sulit untuk mengenali sidik jari pengguna kembali.

Jangan Daftarkan Banyak Jari
Seperti diketahui fingerprint dalam ponsel mampu mendukung beberapa jari untuk akses ponsel. Meskipun demikian hal tersebut tak dianjurkan untuk dilakukan. Hal ini lantaran, setiap sidik jari yang Anda daftarkan akan disimpan di memori ponsel. Ini akan membuat ponsel menampung data yang tidak penting.

Jangan Menggunakannya saat Tangan Basah
Saat pertama kali mendaftarkan jari Anda pastikan tangan Anda tidak basah, begitu juga seterusnya tiap kali Anda mengoperasikan fingerprint. Seperti diketahui barang elektronik memang rentan rusak saat terkena air.

Terlebih lagi saat kondisi hujan disarankan untuk tidak menggunakan ponsel karena akan mengenai fingerprint. Ini mampu membuat fingerprint kehilangan fungsi atau konslet.

Simpan Smartphone Secara Bijak
Smartphone saat ini hadir dengan tombol sensor sidik jari yang diletakkan beragam posisi. Ada yang disamping, belakang dan didepan. Namun, secara umum, produsen menempatkan sensor sidik jari pada bagian depan bersamaan dengan tombol home atau pada bagian belakang di bawah kamera utama. Maka selalu simpan smartphone dengan baik agar tombol keamanan ini tidak mudah rusak.

Penyimpanan smartphone yang benar mencegah tombol sensor fingerprint tergores. Ingat permukaan tombol ini dirancang khusus untuk mengenali pola sidik jari penggunanya. Bila permukaan tombol ini tergores, kemungkinan tombol tidak bisa memindai lagi.

Jangan Terkena Benda Tajam
Tips terakhir adalah jangan sampai menggoreskan benda tajam ke fingerprint. Hal ini lantaran mampu membuat fingerprint scanner tidak berfungsi dan tidak mengenali jari Anda. *** (SS)

SHARE