Pembuluh Darah Mata Bisa Pecah Karena Hal Ini - Male Indonesia
Pembuluh Darah Mata Bisa Pecah Karena Hal Ini
MALE ID | Sex & Health

Sama seperti organ tubuh lainnya, mata juga memiliki pembuluh darah. Fungsi dari pembuluh darah pada mata adalah untuk mengalirkan oksigen dan nutrisi ke retina. 

Pixabay.com

Akibat gangguan kesehatan, pembuluh darah bisa pecah dan menimbulkan perdarahan. Seperti diberitakan, hal ini dialami oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan. 

Dalam istilah medis, pecah pembuluh darah mata dikenal juga dengan pendarahan subkonjungtiva. Hal itu terjadi saat pembuluh darah kecil yang berada tepat di bawah permukaan mata (konjungtiva) pecah. 

Dikutip dari situs peduli mata internasional All About Vision, pendarahan subkonjungtiva bisa disebabkan oleh beberapa hal yang biasanya tidak terlalu serius, seperti bersin atau batuk terlalu keras, sehingga menyebabkan tekanan darah di mata meningkat dan akhirnya pecah, mengangkat barang yang terlalu berat, menggosok mata terlalu kasar, hingga kekurangan vitamin K.

Dalam beberapa kasus, pendarahan subkonjungtiva tak berbahaya dan dapat sembuh dalam beberapa waktu. Namun jika terlambat mendapatkan perawatan, kondisi ini dapat berakibat kebutaan. Dalam kasus Jonan, masih belum diketahui secara pasti penyebab pecahnya pembuluh mata.

Namun, pecahnya pembuluh darah di mata juga bisa disebabkan karena adanya penyakit yang serius. Misalnya penyaki-penyakit seperti berikut.

Tekanan Darah Tinggi
Salah satu gejala yang akan terjadi bila Anda mengalami tekanan darah tinggi, khususnya retinopati hipertensi adalah pecahnya pembuluh darah di mata. Hal ini karena tekanan darah yang tinggi bisa menyebabkan pembuluh darah retina menjadi rusak.

Gangguan Pembekuan Darah
Gangguan pembekuan darah dapat menyebabkan perdarahan di dalam dan luar tubuh, termasuk di dalam mata.

Diabetes
Bagian mata yang bisa terkena efek kadar gula darah yang tinggi untuk waktu lama adalah retina, badan kaca, lensa, dan saraf mata. Gula darah yang tinggi pada retina ini memengaruhi pembuluh-pembuluh darah kecil di sana. Akibatnya, pembuluh darah bisa rusak, sehingga terjadi kebocoran darah yang masuk ke dalam badan kaca.

Cedera Mata Akibat Infeksi Berat
Infeksi mata yang sudah berkembang menjadi lebih parah memungkinkan terjadinya pembuluh darah di mata pecah. *** (SS)

SHARE