Tetap Terlihat Segar Maksimal di Musim Kemarau - Male Indonesia
Tetap Terlihat Segar Maksimal di Musim Kemarau
MALE ID | Looks

Tidak bisa dimungkiri, pria yang tinggal di negara beriklim tropis dan menghadapi musim panas punya tantangan tersendiri dalam melakukan perawatan tubuh. Terik matahari dan udara kering bisa menjadi musuh pria, khususnya pada kulit dan bagian tubuh lain.

Photo by Avel Chuklanov on Unsplash

Tentu bagian tersebut butuh perawatan setiap saat, dan Anda harus menaruh perhatian lebih di musim panas tidak sekadar mengandalkan sun protector.

Berikut adalah beberapa perawatan khusus untuk MALEnials yang mudah diterapkan di musim panas. Antara lain:

Kurangi Kebiasaan Mencukur Kumis dan Jenggot
Jangan terlalu sering mencukur kumis dan jenggot saat musim panas. Waktu habis dicukur, kulit wajah butuh waktu untuk memperbaiki dan memulihkan diri. Kalau Anda terlalu sering mencukurnya, kulit menjadi lebih sensitif dengan adanya terpaan sinar matahari.

Jauh lebih baik mengatur jadwal mencukur kumis dan jenggot sesuai arah tumbuhnya. Anda juga disarankan memakai produk krim pelembap dan aftershave supaya kulit pada wajah tetap terjaga.

Pakai Minyak Khusus
Selagi Anda menunda shaving, gunakan minyak khusus kumis dan jenggot supaya senantiasa nyaman dan tidak mengganggu penampilan. Minyak khusus tersebut bisa melembutkan, memelihara, serta memudahkan penataan kumis dan jenggot wajah. Sebab, dua area itu rentan terasa gatal di musim panas.

Anda bisa mengandalkan minyak khusus untuk membantu menghilangkan beardruffs. Selain itu, biasanya beard oil dibuat dari bahan tumbuhan alami, sehingga memiliki aroma yang khas.

Bibir Juga Harus Dirawat
Bibir adalah salah satu bagian yang sering luput dari perhatian. Sama halnya bagian bawah mata, bibir hanya memiliki sedikit kelenjar minyak. Kalau mau bibir Anda tetap sehat, sebaiknya gunakan lip balm khusus agar terlindung dari sinar matahari.

Bagaimana jika Anda enggan memakai lip balm? Produk gel aloe vera yang saat ini banyak di pasaran pun bisa menjadi alternatif.

Catatan Ketika Berenang
Musim panas adalah waktu paling tepat berlibur ke pantai. Meski begitu, berenang di pantai tidak bagus untuk kesehatan kulit. Terlebih jika kulit Anda berada di bawah sinar matahari. Adanya sisa garam akan membuat kelembapan kulit lebih cepat berkurang daripada biasanya.

Akibat terburuknya, menimbulkan sun damage dan penuaan dini. Sebaiknya Anda mengeringkannya dengan handuk atau langsung membilasnya di tempat pemandian pantai.

Produk Perawatan yang Tidak pas
Terdapat beberapa produk yang kurang cocok dipakai saat musim panas. Hindari pemakaian produk perawatan jerawat yang mengandung benzoyl peroxide atau krim kulit dengan alpha hydroxy acid (AHA).

Alih-alih merawat kulit Anda, produk tersebut dapat menimbulkan ruam pada kulit jika terkena sinar matahari.

Bagi Anda yang terbiasa menggunakan parfum, hindari berkunjung ke pantai. Parfum akan menyebabkan kulit sensitif dan bila digabungkan dengan sun protector dapat menimbulkan pigmentasi.

Ternyata banyak perawatan khusus pria di musim panas yang mudah dilakukan. Sekarang saatnya Anda menerapkannya. Selamat mencoba! [GP]

SHARE