Mengintip Peradaban di Kota Vilnius, Lithuania - Male Indonesia
Mengintip Peradaban di Kota Vilnius, Lithuania
MALE ID | Relax

Sepertinya masih jarang orang yang tahu tentang seluk beluk kota Vilnius. Kota ini merupakan ibukota Lithuania, yang telah ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO.


Pixabay

Kota Vilnius memiliki segudang bangunan era neo classic, gothic, dan baroque yang berbaur dengan kebudayaan modern. Tapi menariknya, semua unsur itu justru saling melengkapi.

Jalan Pilies adalah jalan utama Kota Tua dan menjadi pusat kehidupan pasar jalanan serta kafe maupun restoran. Dua bangunan terkenal di kawasan Kota Tua yaitu Cathedral Square dan Town Hall Square.

Seperti dilansir dari laman Independent, salah satu komplek arsitektur yang terbilang cukup rumit adalah Universitas Vilnius. Universitas ini menempati sebagian besar Kota Tua dan memiliki 13 halaman pagar tembok. Komplek arsitektur tersebut terpilih mewakilkan Lithuania di Mini-Europe Park di Brussel.

Kota Tua Vilnius mencakup pinggiran kota bersejarah yang berharga dari Vilnius. Sebut saja Uzupis, yang secara historis seharusnya berada di luar perbatasan kota.  Alhasil, Uzupis kerap dianggap sebagai bagian dari Kota Tua Vilnius.

Untuk menuju ke kawasan Kota Tua bisa melalui banyak lokasi, khususnya dari kota-kota besar di Eropa seperti Barcelona, Paris, Kopenhagen, London, dan Frankfurt.

Jika bertolak dari Bandara internasional Soekarno-Hatta ke Bandara internasional Vilnius, memerlukan waktu sekitar 25 jam.

Sementara itu, bagi Anda yang ingin liburan ke Vilnius memerlukan Visa Schengen, layaknya mengunjungi kawasan Uni Eropa lainnya.

Berbagai hal yang dapat dilakukan untuk menikmati kota Vilnius adalah mengamati arsitektur bangunan tua di sana, mencicipi makanan khas, menyelami sejarah, hingga bersantai sembari menikmati sebotol bir.

Jangan lupa juga mendatangi bangunan yang cukup populer di sana, yaitu Katedral Vilnius dengan menara berdesain klasik.

Bangunan katedral berada di kompleks Cathederal Square. Jika Anda masih kurang puas, Anda dapat mengunjungi Gediminas Castle yang berada di sebuah bukit.

Kastil ini adalah peninggalan Gediminas, The Grand Duke of Lithuania. Dari puncak kastil, Anda akan melihat panorama kota Vilnius yang sangat menawan.

Masih mau berkeliling Vilnius? Anda bisa menggunakan bus listrik, menyewa sepeda atau berjalan kaki. Dijamin Anda betah dan balik lagi ke kota ini. [GP]

SHARE