Manfaat Sit Up yang Jadikannya Olahraga Populer - Male Indonesia
Manfaat Sit Up yang Jadikannya Olahraga Populer
MALE ID | Sport & Hobby

Sit up adalah salah satu olahraga yang popular. Walaupun olahraga sit up ini populer, namun masih banyak orang yang tidak ingin melakukan olahraga ini karena sering merasakan sakit dan kurang nyaman pada bagian perut.

Sit up - male Indonesia
pexels.com

Rasa sakit dan kurang nyaman saat melakukan sit up adalah karena adanya sistem otot perut di bagian bawah yang mengalami gerakan cepat. Apabila hal ini terjadi maka gerakan sit up yang dilakukan dirasa kurang tepat atau terdapat kesalahan posisi.

Akan tetapi, jika Anda bisa melakukan secara rutin, dengan sit up Anda bia mendapatkan beragam manfaatnya. Salah satunya Anda dapat meningkatkan  kadar testosteron dalam tubuh dan meningkatkan kekuatan otot. 

Dengan kadar testosteron rendah ini terkait dengan tekanan darah tinggi, osteoporosis, diabetes serta peningkatan lemak viseral pada pria. Selain itu berikut ini beberapa manfaat lainnya yang perlu Anda ketahui.

Menjaga Sistem Metabolisme
Sistem metabolisme yang baik pada tubuh sangat diperlukan. Sistem metabolisme tubuh berguna untuk mengolah berbagai jenis zat asing yang masuk ke dalam tubuh Anda, termasuk juga makanan yang Anda konsumsi. Sistem metabolisme melibatkan berbagai jenis hormon termasuk juga berbagai macam hormon pertumbuhan. 

Jika sistem metabolisme Anda kurang bekerja dengan baik dan tidak lancar. Maka ada sisa metabolisme yang berkumpul di organ tertentu. Solusi untuk masalah ini adalah dengan melakukan sit up. Otot yang ada di bagian perut akan dapat terbangun jika Anda melakukan sit up secra rutin. 

Ketika semua otot perut Anda bekerja secara aktif, maka tentu pasokan oksigen di dalam pembuluh darah Anda akan terpenuhi. Jika darah Anda lancar maka tentu akan membantu peredaran mtabolisme yang ada dalam tubuh.

Menjaga Pencernaan
Siapa sangka bahwa manfaat sit up secara rutin bisa menjaga pencernaan? Manusia memang membutuhkan makan sebagai sumber tenaga yang mana makanan ini akan diolah oleh organ pencernaan seperti pada kerongkonan dan juga usus. 

Semua sisa makanan yang berkumpul di usus diketahi bisa menyebabkan radang atau kanker yang mana hal ini bisa terjadi karena kekurangan serat. Dengan gerakan sit up, otot perut akan mendorong agar usus bisa melakukan pekerjaannya dengan baik dalam mengolah makanan yang ada.

Mengencangkan Otot
Sebuah studi tahun 1998 yang dilakukan oleh peneliti dari Penn State University dan dipublikasikan dalam Journal of Strength and Conditioning Research, bahwa testosteron itu konsisten dalam merespon otot. Serta sit up ini menggunakan otot-otot besar dada yaitu kelompok otot besar deltoid di bahu dan trisep. Dan juga otot lain termasuk otot perut yang bertindak sebagai stabilisator.

Menjaga Postur Tubuh
Postur tubuh yang sempurna merupakan impian tiap orang. Anda bisa mendapatkannya dari manfaat sit up secara rutin ini. Anda bisa melakukan latihan sit up secara rutin selama 10 hingga 20 kali setelah bangun tidur yang mana sit bisa membangun semua otot tubuh untuk bekerja dengan baik dan tubuh menjadi lebih stabil. Anda bisa menjaga keseimbangan dan bisa mendapatkan postur tubuh yang bagus.

Mencegah Osteoporosis
Manfaat sit up yang lain adalah mencegah datangnya masalah tulang atau osteoporosis. Hal ini terbukti dari beberapa penelitian ilmiah yang dikakukan oleh para ahli. Salah satunya adalah penelitian yang dilakukan oleh Hormone Foundation. 

Dari hasil penelitian yang dilakukan, latihan sit up ternyata mampu memicu berkembangnya hormon testosteron. Hormon ini sendiri sangat terkait dengan masalah tulang tersebut. Dengan meningkatnya produksi hormon testosteron, resiko osteoporosis akan dapat dihindari lebih dini terutama bagi kaum pria. *** (SS)

SHARE