Uban Pertama, Jangan Dicabut dan Lakukan Ini Saja - Male Indonesia
Uban Pertama, Jangan Dicabut dan Lakukan Ini Saja
MALE ID | Looks

Apakah Anda termasuk pria yang kaget ketika melihat uban, padahal usia masih terbilang muda? Jika ya, jangan terburu-buru untuk mencabutnya hanya karena uban yang tumbuh dini mengganggu penampilan Anda.

Pixabay.com

Seperti diketahui, secara umum uban adalah salah satu tanda penuaan. Meskipun begitu, tidak sedikit pula yang mendapati helaian rambut putih meskipun belum memasuki usia paruh baya. 

Ada beberapa penyebab mengapa uban tumbuh saat usia muda seperti faktor genetik, ketidakseimbangan hormon, stres, pola makan tak teratur dan faktor lainnya. Lantas, apa yang harus kita lakukan jika menemukan uban di usia dini?

Jangan Mencabut
Mencabut uban dianggap sebagai cara termudah menghilangkannya. Tapi tahukah Anda bahwa cara tersebut justru dapat merangsang rambut berikutnya untuk tumbuh sebagai uban. Jadi, daripada uban di kepala Anda semakin banyak, jangan sekali-kali mencabutnya.

Kendati ada saran mencabut hingga akarnya. Anda tidak perlu untuk mengikuti saran tersebut. Karena mencabut uban dari akar dapat membuat kulit kepala memerah dan menghambat pasokan darah di sekitar kulit kepala. Akibatnya, rambut tidak tumbuh dan memicu timbulnya kebotakan.

Mewarnai Rambut
Mewarnai rambut menjadi salah satu cara ketika pertama kali menemukan uban di kepala Anda. Jika Anda ingin melakukan hal ini, pilihlah pewarna berbahan minyak. Kelembaban ekstra di dalam formula ini sangat penting untuk melembutkan dan memberi cahaya pada rambut yang mulai memutih. 

Sebagai tambahan, gunakan sampo khusus rambut diwarnai dan juga kondisioner secara berkala. Pemakaian sampo khusus ini akan membantu mengunci kutikula rambut sehingga molekul pewarna tidak mudah luntur. Warna alami uban lebih terang dari pada warna alami rambut, karenanya pilihlah cat rambut berwarna gelap dan lakukan pengecatan berkala setiap bulan agar uban tertutupi sempurna.

Hindari Merokok
Merokok dikenal dapat mempercepat proses penuaan. Hal ini tak hanya mempengaruhi kadar melanin, tapi juga merangsang produksi uban semakin banyak. Jadi behenti merokok mulai dari sekarang.

Jangan Keras Setiap Hari
Mencuci rambut setiap hari dapat mengurangi produksi minyak alami pada rambut. Hal ini justru membuat rambut semakin rapuh dan rentan terhadap kerusakan, termasuk memicu timbulnya uban. Jadi batasi keramas Anda maksimal tiga kali seminggu.

Menggunakan sampo yang sama
Jika rambut beruban, ada baiknya menggunakan sampo yang sesuai dengan kondisi Anda. Perubahan warna dan tekstur rambut merupakan salah satu tanda bahwa Anda tak cocok dengan produk sampo yang digunakan. *** (SS)

SHARE