Dipecat! Ini yang harus Anda Lakukan Segera - Male Indonesia
Dipecat! Ini yang harus Anda Lakukan Segera
Gading Perkasa | Works

Kebanyakan orang menganggap bahwa identitas sangat terkait dengan pekerjaan, sehingga apabila mereka dipecat dari perusahaan tempat mereka bekerja akan membuat mereka kehilangan identitas diri.


Photo by Startup Stock Photos from Pexels

Seperti dilansir dari Thrive, Jennie Brand, profesor sosiologi dan statistik di U.C.L.A, melakukan penelitian dan membuktikan adanya dampak negatif dari kehilangan pekerjaan selama 15 tahun terakhir. Antara lain penurunan kesejahteraan psikologis dan fisik, serta kehidupan sosial.

Di samping itu, ketakutan tidak mampu mengurus diri sendiri menjadi masalah utama bagi seseorang yang dipecat dari perusahaan.

Namun para ahli berpendapat, ketakutan tersebut terkadang malah mengantarkan korban PHK untuk dapat bekerja di perusahaan dan posisi baru yang tentunya lebih baik. Selama mereka melakukan hal-hal yang benar.

Mau tahu apa saja yang harus MALEnials lakukan setelah agar mendapat pekerjaan baru dengan posisi lebih baik usai dipecat dari perusahaan? Simak ulasan berikut.

Tenangkan Diri
Penting untuk menenangkan diri Anda dari kondisi kehilangan pekerjaan. Luapkan segala emosi. Ini akan membuat langkah Anda selanjutnya terasa lebih ringan.

Tulis Visi ke Depan
Setelah cukup tenang dan siap mencari kerja lagi, tuliskan visi ke depan yang ingin dicapai. Misalnya jenis pekerjaan yang Anda inginkan dan cara terbaik untuk mendapatkannya, bagaimana pekerjaan baru menjadi berbeda dari sebelumnya. Semua visi tersebut akan membantu Anda untuk menyiapkan diri.

Buat Daftar Keahlian
Buatlah daftar berisi keahlian dan semua pencapaian yang telah Anda dapatkan selama ini. Tujuannya agar memperkuat posisi Anda ke perusahaan yang akan dituju.

Pelajari Hal Baru
Teruslah belajar hal baru yang menarik, entah itu di dalam atau di luar bidang Anda. Memperoleh pengetahuan baru akan membuat Anda lebih unggul dari pesaing-pesaing yang akan datang.

Selain itu, pengetahuan Anda dapat menjadi bahan pertimbangan bagi sebuah perusahaan untuk merekrut Anda daripada kandidat lain yang ada.

Gunakan Koneksi untuk Mencari Lowongan Pekerjaan
Di kantor lama, Anda tentu punya begitu banyak koneksi pertemanan yang menguntungkan. Jangan ragu menggunakannya dan memberi tahu jika Anda sedang membutuhkan pekerjaan baru.

Ini akan memudahkan Anda memperoleh informasi terkini mengenai lowongan pekerjaan di perusahaan mereka. Selain itu, peluang Anda diterima kemungkinan lebih besar karena mereka pun telah mengetahui kinerja yang Anda miliki. [GP]

SHARE