Eksplorasi Tambrauw, Daerah Teduh di Papua Barat - Male Indonesia
Eksplorasi Tambrauw, Daerah Teduh di Papua Barat
MALE ID | Relax

Tambrauw adalah sebuah daerah yang memiliki pemandangan alam indah dengan suasana relatif sejuk di Papua Barat.

Kabupaten Tambrauw/flickr

Ada banyak destinasi yang bisa Anda kunjungi di Tambrauw. Seperti Air Terjun Anenderat, Air Panas War Aremi, dan Bukit Sontiri yang tidak boleh Anda lewatkan.

Ketiga destinasi ini berada di distrik yang berbeda. Air Terjun Anenderat terletak di Distrik Miyah, sedangkan Air Panas War Aremi dan Bukit Sontiri di Distrik Kebar. 

Untuk mencapai lokasi Bukit Sontiri dan Air Panas War Aremi, diperlukan perjalanan kurang dari 30 menit dari Mess Kebar, tempat penginapan milik Pemda setempat.

Waktu terbaik mengunjungi Bukit Sontiri adalah pagi hari. Di sini, Anda bisa melihat keindahan alam dengan landscape hamparan rumput hijau sejauh mata memandang.

Di hadapan Bukit Sontiri, terdapat Pegunungan Tamrau yang merupakan landmark Tambrauw, berupa bukit membentang dengan luas berhektar-hektar. Ketika sore hari tiba, bukit ini banyak dikunjungi warga sekitar untuk menghabiskan waktu menunggu dan menikmati saat-saat matahari tenggelam.

wikimedia commons

Sedangkan lokasi Air Panas War Aremi masih terdengar asing, sehingga lebih menantang untuk dijelajahi. Sebuah kolam yang ditopang oleh batu alami dan tampak seperti sungai biasa dengan suhu air lebih hangat.

Pada bagian tengah kolam, terdapat sekumpulan batu yang memunculkan buih-buih di tengahnya. Buih tersebut yang diduga menjadi pusat air panas. Energi panas yang dihasilkan bersumber dari geotermal di sekitarnya.

Perjalanan ke lokasi Air Panas War Aremi tidaklah mudah. Sebab Anda harus melewati jalanan berbatu dengan kelokan tajam yang berliku-liku.

Jarak tempuh dari Manokwari ke Distrik Kebar yakni sekitar lima jam, sementara menuju Distrik Sausapor butuh waktu kurang lebih empat jam.

Berikutnya ada Air Terjun Anenderat, sebuah air terjun alami yang memiliki beberapa undakan bebatuan dengan tinggi mencapai 200 meter. Air terjun ini menawarkan suasana tenang dan damai, sehingga Anda dapat melepas lelah seusai perjalanan jauh.

Untuk menuju ke Distrik Kebar, wisatawan harus menempuh 4-5 jam perjalanan dari Sorong. Banyak penginapan tersedia di sana, jadi Anda tak perlu khawatir mengenai tempat beristirahat.

Terus, kapan Anda merencanakan liburan ke Tambrauw? [GP]

SHARE