Perjalanan Awal Terjadinya Bisnis di Dunia maya - Male Indonesia
Perjalanan Awal Terjadinya Bisnis di Dunia maya
MALE ID | Digital Life

Internet adalah entitas yang luas dan indah yang memungkinkan akses informasi yang belum pernah terjadi sebelumnya, yang belum pernah terlihat sebelumnya. Belum pernah ada yang memiliki banyak akses ke pengetahuan seperti hari ini, dan itu berkat internet. 

picpedia.org

Internet juga adalah gudang informasi yang sangat besar, internet juga merupakan pasar yang luas. Belum pernah sebelumnya pasar dunia begitu mudah diakses oleh individu dan bisnis di seluruh dunia. Internet telah mengubah cara melakukan bisnis selamanya.

Hari ini, e-commerce telah menjadi tempat umum seperti menonton tv. Itu adalah sesuatu yang dilakukan banyak orang setiap hari, dan mungkin tidak bisa membayangkan hidup mereka tanpa itu. Ada banyak orang yang memulai dengan bisnis lokal kecil yang telah menggunakan e-commerce untuk meningkatkan penjualan dan membuat sebagian besar pendapatan mereka. 

Sangat menyenangkan melihat bahwa sistem yang sepenuhnya baru dalam melakukan bisnis ini muncul beberapa dekade yang lalu. Sungguh menakjubkan melihat seberapa jauh itu datang, dan bahkan lebih menarik untuk berspekulasi bagaimana itu akan maju di masa depan. Laman Historycooperative melaporkan perjalanan mulainya bisnis di Internet.

Pertukaran Data Elektronik ( 1960-1982)
Di awal, sangat awal, ada pengembangan Electronic Data Interchange (EDI). EDI sangat nyaman karena menggantikan bentuk pertukaran dokumen yang lebih tradisional seperti surat dan faks. Sistem ini digunakan terutama oleh mitra dagang yang menggunakannya untuk mentransfer pesanan, faktur, dan hampir semua transaksi bisnis lainnya. Format data yang digunakan, memenuhi ANSI ASC X12, yang merupakan standar utama di Amerika.

Ketika pesanan dikirim, itu kemudian diperiksa oleh Jaringan Nilai Tambah, dan kemudian diproses untuk diproses oleh sistem penerima. EDI adalah alat yang hebat pada masanya. Itu memungkinkan transfer data yang cepat dan mudah, tanpa perlu campur tangan manusia.

Pria yang dikreditkan dengan menciptakan bentuk e-commerce paling awal adalah Michael Aldrich. Dia adalah penemu dan pengusaha Inggris. Menurut cerita, dia suatu hari keluar bersama istrinya dan dia mengeluh harus melakukan perjalanan jauh ke supermarket. Dia kemudian disambar gelombang inspirasi yang tiba-tiba. 

Dia punya ide untuk menghubungkan televisi ke supermarket Anda untuk membuatnya mengantarkan belanjaan Anda. Pada tahun 1979, ia menghubungkan televisi ke komputer yang dirancang untuk memproses transaksi. Dia kemudian menciptakan istilah "teleshopping", yang merupakan bentuk e-commerce paling awal yang dikenal sekarang.

90-an dan Beyond
Internet seperti yang Anda kenal sekarang, ditemukan oleh seorang pria bernama Tim Berners Lee. Dia sebelumnya adalah karyawan CERN. Dia dan temannya Robert Caillau, membuat proposal untuk membangun "proyek hiperteks" yang disebut "WorldWideWeb" pada tahun 1990. Belakangan tahun itu, Lee menggunakan komputer NeXT-nya (produk Steve Jobs setelah digulingkan dari apel) dan menciptakan web pertama server dan kode tangan browser pertama. 

Segera setelah itu, dia membuat internet tersedia untuk umum pada 6 Agustus 1991. Dia melanjutkan untuk mengintegrasikan hypertext di internet dan melanjutkan untuk mengembangkan URL, HTML, dan HTTP .

Awalnya, ada larangan e-commerce. Orang-orang tidak diizinkan untuk menggunakan internet secara komersial. Akhirnya, National Science Foundation mencabut larangan tersebut pada tahun 1991. Sejak itu, internet dan e-commerce telah mengalami pertumbuhan yang eksponensial. Baru pada 1995 NSF mulai memungut bayaran untuk mendaftarkan nama domain. 

Kemudian ada 120.000 nama domain terdaftar. Namun, dalam 3 tahun, jumlah itu meningkat menjadi lebih dari 2 juta. Pada saat itu, NSF tidak lagi mengendalikan internet.

Buku Future Shop: How Technologies Will Change The Way We Shop And What We Buy (1992), memberikan wawasan dan prediksi tentang masa depan konsumerisme. Tinjauan umum buku ini menjelaskan, selama ratusan tahun pasar telah tumbuh lebih kompleks dan lebih membingungkan bagi konsumen untuk bernavigasi. Diterbitkan pada tahun 1992, jauh sebelum Internet menjadi kata yang populer. 

bisnis di internet - male IndonesiaPhoto by Igor Miske on Unsplash

Future Shop berpendapat bahwa teknologi informasi baru, dikombinasikan dengan kebijakan publik yang inovatif, dapat membantu konsumen mengatasi kebingungan itu. Sebuah manifesto mutakhir dari revolusi yang akan datang dalam e-commerce, visi Future Shop tentang pemberdayaan konsumen masih bergema hingga saat ini.

Dari awal internet, ada banyak kekhawatiran tentang belanja online. Pada tahun 1994, Netscape mengembangkan Secure Socket Layers (SSL) yang merupakan protokol keamanan baru yang melindungi informasi sensitif yang ditransfer melalui web. Browser memiliki kemampuan untuk mendeteksi jika suatu situs memiliki sertifikat SSL, yang merupakan indikator utama untuk dapat dipercayanya suatu situs.

Gelembung Dot Com
Gelembung dot-com adalah salah satu saat paling gelap dalam sejarah internet. Itu adalah gelembung raksasa di pasar saham yang diciptakan oleh investor yang ingin mencari uang di perusahaan "dot com" baru. Mereka tertarik oleh hype dan hal-hal baru yang menyebabkan mereka mengabaikan strategi bisnis akal sehat. 

Akhirnya, gelembung itu muncul pada tahun 2001. Hal ini mengakibatkan banyak orang menjadi bangkrut, triliunan dolar hilang dan beberapa pelajaran yang sangat berharga dipelajari. Gelembung itu begitu buruk, sehingga memicu resesi ekonomi kecil di awal tahun 2000-an.

Ada banyak faktor yang berkontribusi terhadap gelembung, periode spekulasi dan investasi di perusahaan internet antara tahun 1995 dan 2001. Pada tahun 1995, dengan meningkatnya popularitas pengguna internet, banyak perusahaan melihat peningkatan pengguna sebagai pelanggan potensial dan meningkat pendapatan. 

Sebagai akibatnya, banyak startup internet dikonseptualisasikan pada akhir 1990-an. Mereka kemudian dikenal sebagai "dot com" karena TLD populer ".com" yang mengikuti nama mereka.

Seluruh industri dot com terkenal dengan praktik bisnis gegabah mereka yang didasarkan pada "potensi" daripada pendapatan aktual. Kebijakan utamanya adalah pertumbuhan dibandingkan laba, yang merupakan asumsi yang salah bahwa jika mereka meningkatkan basis pelanggan mereka, bahwa keuntungan mereka juga akan naik. Banyak perusahaan menghabiskan jutaan dolar untuk mencoba mendominasi pasar untuk produk atau kebutuhan tertentu.

Giants e-Commerce
Sangat sedikit perusahaan yang selamat dan berkembang setelah gelembung dot com yang terkenal, ini termasuk raksasa e-commerce seperti eBay dan Amazon. Hari ini Amazon dan Ebay adalah salah satu perusahaan paling sukses di Internet.

Hanya beberapa minggu setelah menjual buku pertamanya secara online, pendiri Amazon, Jeff Bezos, menjual buku ke setiap negara bagian di AS dan lebih dari 40 negara lainnya. Proses pemenuhan pesanan dan pengiriman yang disederhanakan memungkinkannya memesan buku langsung dari penerbit.

Raksasa e-Commerce lain, eBay, juga mengalami pertumbuhan yang luar biasa. Mereka mengizinkan siapa saja untuk membeli dan menjual secara online. Hanya dalam beberapa tahun situs web menjadi nama rumah tangga. Ini merevolusi e-commerce dan menghasilkan ratusan juta dolar setiap tahun.

Dari awal yang sederhana pada tahun 1995, Ecommerce modern telah menjadi area bisnis yang tumbuh paling cepat, menunjukkan pertumbuhan yang berkelanjutan dari tahun ke tahun. Dewasa ini, praktis apa saja dapat dibeli atau bersumber secara online. Dari makan malam Anda hingga, pakaian hingga jet pribadi. Lebih dari 60% orang dewasa telah membeli barang secara online dan angka ini hanya akan meningkat di tahun-tahun mendatang.

Startup
Ada lonjakan lain dalam perusahaan teknologi baru-baru ini, menyusul meningkatnya popularitas ponsel dan aplikasi web, serta media sosial. Startup teknologi ini sering kali merupakan contoh dari bisnis zaman baru. Tampaknya perusahaan kecil bernilai miliaran dolar dan dalam banyak kasus karyawannya bahkan tidak tinggal di kota yang sama, atau bahkan di negara yang sama. 

Perusahaan-perusahaan ini dijual jutaan dolar dengan bantuan broker situs web. Ini adalah karier semata-mata berdasarkan pembelian dan penjualan properti web. Banyak spekulan khawatir ini mungkin merupakan awal dari gelembung lain. *** (SS)

SHARE