Sempat Sakit Parah, Abdee Slank Kini Lebih Waspada - Male Indonesia
Sempat Sakit Parah, Abdee Slank Kini Lebih Waspada
MALE ID | News

Gitaris Slank Abdee Negara sempat menderita gagal ginjal hingga harus menjalani operasi transplantasi ginjal baru di tahun 2016. Usai itu Abdee pun mengaku sangat menjaga kesehatan agar tak gampang diserang penyakit.

Foto: Sopian/Male Indonesia

Di markas Slank, Jalan Potlot, Duren Tiga, Jakarta Selatan, Abdee mengaku ia harus melindungi ginjal barunya agar tak ditolak tubuhnya, yakni dengan cara menjaga asupan makanan.

"Kalau untuk pasien transplantasi apa aja kayak ginjal jantung kan antibodinya harus diturunkan agar ginjal barunya nggak direject sama tubuh kita antibodinya harus diturunkan pakai obat nah selama dan itu seumur hidup selama antibodi turun harus hati-hati jangan sampai kena virus bakteri," kata Abdee.

Bahkan, kata dia, tubuhnya sangat sensitif dengan berbagai bakteri. Berpapasan atau ada orang di dekatnya yang sedang flu. Dirinya bisa dengan mudah tertular. "Sekarang lagi kena flu, kemarin habis shooting sama Slank, ada yang batuk tiba-tiba saya langsung kena (tertular), cepat banget," ucap Abdee.

Foto: Sopian/Male Indonesia

Selain itu, pria yang kerap mengenakan kaca mata hitam itu tak bisa lagi mengonsumsi makanan mentah, termasuk sayur-sayuran. Semua yang akan dimakannya harus dimasak terlebih dahulu, dan dalam keadaan steril.

"Semua keluarga tahu, jadi kalau saya mau makan mereka sudah tahu makanan apa yang cocok buat saya. Misalnya, saya enggak boleh makan yang mentah kayak sashimi, sama sayuran mentah. Semuanya harus steril, harus dimasak," terang personel Slank itu.

Sementara untuk buah-buahan, Abdee tak perlu memasaknya dulu. Hanya saja, buah-buahan seperti apel dan pir yang lazim dimakan bersama kulitnya harus dikupas terlebih dahulu. "Buah juga ya harus yang bersih. Paling bagus buah yang dikupas," tuturnya. 

Melawan Vertigo Akibat Transplantasi Ginjal
Selain makanan yang harus dijaga untuk menjaga ginjal barunya, Abdee juga masih harus melawan penyakit vertigonya usai penyakit ginjalnya yang dirasa membaik. Bahkan ia kerap melakukan terapi setiap hari di rumah untuk melawan penyakit kepala hebat itu.

Foto: Sopian/Male Indonesia

"Sebenernya kalau ginjalnya udah normal alhamdilulillah udah normal hanya jaga jangan sampai sakit aja kalau vertigonya ikut terapi aja. Setiap hari terapi, ada gerakan yang dilakukan supaya nggak vertigo," ujar Abdee.

"Terapi fisik jadi saya kehilangan keseimbangan tubuh harus terapi kadang vertigonya berat ringan, kalau sekarang lagi ringan," tambahnya.

Soal kesembuhan vertigonya itu, kata Abdee tak tau pasti. Bahkan, semua dokter pun tidak bisa memastikan kapan vertigonya itu bisa sembuh. "Agak membaik cuman kadang parah kadang ringan kalau lagi ringan saya bisa main dengan Slank kalau lagi parah paling di rumah tetep kalau kerja pun kerja sambil duduk," tutupnya. *** (SS) 

SHARE