Keamanan Endpoint, Melindungi & Menjaga Data Anda - Male Indonesia
Keamanan Endpoint, Melindungi & Menjaga Data Anda
Gading Perkasa | Digital Life

Keamanan endpoint adalah istilah luas yang dapat mengacu pada sejumlah tindakan keamanan, tetapi umumnya masih satu kategori dengan network security.

endpoint- male Indonesiapexels.com

Bila dijelaskan secara sederhana, endpoint adalah ujung dari jalur komunikasi dalam satu jaringan. Tindakan keamanan endpoint merupakan cara untuk melindungi jaringan bisnis saat diakses oleh perangkat jarak jauh, nirkabel, atau seluler seperti laptop, tablet, dan telepon seluler.

Sesuai namanya, keamanan endpoint yaitu segala hal berkaitan dengan pengamanan proses, data bisnis, dan informasi sensitif yang disimpan atau dikirimkan melalui perangkat yang terhubung ke jaringan Anda.

Pengguna tidak dapat benar-benar menggarap perlindungan jaringan sebagai satu keseluruhan untuk menangkal kejahatan siber dan malware sebelum mengamankan endpoint, yang merupakan bagian paling rentan dari bisnis.

Bedanya Antivirus dan Keamanan Endpoint
Antivirus adalah program yang terdiri dari beberapa fitur melindungi berbagai komponen perangkat endpoint (email, browser, file). Tidak semua antivirus memiliki hal yang diperlukan untuk sepenuhnya melindungi perangkat.

Perlindungan lebih jauh dapat berarti menyiapkan server spesifik, memperbarui sistem operasi secara manual, dan tugas tambahan lainnya.

Hal yang Rentan secara Potensial
Menurut Avast, Anda harus melihat daftar kerentanan potensial di bawah ini, untuk menilai apakah mereka mengambil tindakan yang cukup.

1.Sistem Operasi

Apakah semua perangkat dalam bisnis Anda menjalankan Windows XP ke atas dan server menggunakan versi 2003 atau lebih baru? Versi yang lebih lama mungkin tidak menerima pembaruan guna menangani celah keamanan belakangan, sehingga perangkat lebih berisiko terkena serangan malware.

2.Jumlah perangkat

Apakah Anda memiliki kontrol terhadap semua perangkat yang mengakses jaringan? Anda harus dapat mengakses dan memperbarui perangkat keras secara berkala.

3.Program yang diperbarui

Apakah semua aplikasi Anda sudah update, dan dapatkah Anda memperbarui program dan perangkat lunak pada perangkat yang terhubung ke jaringan?

Perangkat lunak versi lebih lama mungkin memiliki celah keamanan, kerentanan, dan bug yang dapat dimanfaatkan peretas. Celah semacam ini biasa diperbaiki dengan patch, itulah sebabnya Anda harus selalu memperbarui semua perangkat lunak bisnis.

4.Kebijakan standar

Apakah Anda memiliki kebijakan keamanan universal standar mencakup proses kebocoran, kata sandi minimal, dan pemeriksaan yang terkelola secara terpusat? Kontrol dan aturan manual tidaklah cukup menjamin keamanan maksimum tersedia bagi bisnis Anda.

5.Selalu melakukan pembaruan

Anda tidak perlu menjadi seorang pakar, tetapi keamanan siber senantiasa berkembang, itu artinya akan selalu ada perkembangan baru untuk dipelajari. Baik dalam mendapatkan pemahaman lebih baik mengenai kejahatan siber, atau mengikuti perkembangan peningkatan tindakan keamanan. [GP]

SHARE