Susu Kayu Manis, Beda Namun Kaya Manfaat - Male Indonesia
Susu Kayu Manis, Beda Namun Kaya Manfaat
Gading Perkasa | Sex & Health

Kayu manis dikenal dengan aroma khas hutan yang menenangkan. Rasa yang dimiliki rempah-rempah satu ini terbilang alami dan lebih sehat sebagai pemanis, apalagi jika dipadukan dengan susu.

Pixabay

Banyak zat bermanfaat di dalam kayu manis, yakni kalsium, serat, vitamin B6, magnesium, zat besi, vitamin A, karbohidrat, dan vitamin C. Ia juga kaya anti-oksidan serta memiliki sifat anti-mikroba dan anti-inflamasi. Kayu manis dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sementara susu kaya kandungan kalsium, magnesium, kobalamin, kalium, natrium, dan karbohidrat. Dengan kondisi itu, tak heran jika susu kayu manis banyak digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Menambahkan sedikit kayu manis pada makanan atau minuman bukan hanya menambah kekayaan rasa, melainkan juga memiliki manfaat kesehatan berlimpah. Seperti dirangkum dari berbagai sumber, berikut manfaat susu kayu manis untuk kesehatan.

Meredakan Rasa Sakit
Daripada meredakan rasa sakit dengan serangkaian obat, ada baiknya Anda mencoba meminum susu kayu manis.

Mengutip Dailyhunt, susu kayu manis mampu membunuh rasa sakit secara alami. Saat kayu manis dikonsumsi dengan susu hangat, rasa sakit akan cepat hilang. Hal itu terjadi akibat reaksi kayu manis dan prostagladin. Reaksi ini membantu relaksasi otot-otot di bawah tekanan.

Mengendalikan Diabetes

Biasakan mengonsumsi susu kayu manis sekali dalam sehari secara rutin. Hal ini mampu mencegah diabetes tipe-2 yang dibuktikan oleh sejumlah penelitian.

Obati Insomnia
Jika Anda mengalami insomnia, minum segelas susu kayu manis sebelum tidur. Minuman hangat itu akan membantu Anda mendapatkan tidur yang berkualitas sepanjang malam. Kayu manis mampu melemaskan saraf yang membuat Anda dapat tidur terlelap.

Meredakan Sakit Tenggorokan
Sifat anti-inflamasi yang dimiliki kayu manis dapat meredakan rasa sakit dalam tenggorokan.

Meningkatkan Kesehatan Mulut
Kayu manis mengandung minyak esensial yang melindungi mulut dari bakteri penyebab bau, gigi berlubang, dan infeksi.

Mengutip Boldsky, sejumlah penelitian menyebutkan bahwa sifat anti-bakteri yang dimiliki kayu manis ampuh memerangi bakteri mulut.

Melindungi Jantung
Disebutkan kayu manis dapat mengurangi faktor risiko penyakit jatung dengan menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah tinggi.

Memperkuat Tulang
Mengonsumsi susu kayu manis setiap hari bisa bikin tulang lebih kuat dan sehat. Pasalnya, susu dan kayu manis memiliki kandungan kalsium dalam jumlah yang baik. 100 gram kayu manis mengandung 1.002 mg kalsium, dan 100 gram susu punya kandungan 125 mg kalsium.

Kalsium diketahui berperan penting dalam pemeliharaan tulang yang kuat, melindungi otot, dan membantu penyerapan mineral lain lebih baik. [GP]

SHARE