5 Pulau Buatan Terbaik yang Asik Buat Liburan - Male Indonesia
5 Pulau Buatan Terbaik yang Asik Buat Liburan
Sopan Sopian | Relax

Pulau umumnya terbentuk secara alami lewat mekanisme geologi di bumi. Tapi dengan kecanggihan teknologi, manusia ternyata juga bisa membuat pulau buatan. Tak jarang, pulau-pulau itu dibentuk dengan amat indahnya.

Di seluruh dunia, ada beberapa pulau buatan manusia yang luar biasa. Berikut ini beberapa pulau buatan yang terlihat indah yang mungkin salah satunya belum Anda ketahui.

Thilafushi

Photo by Pb1791 on Wikipedia

Thilafushi adalah pulau buatan di Maladewa , di sebelah barat Male, di Maladewa. Secara geografis bagian saluran Vaadhoo, terletak di antara Giraavaru Atol Kaafu dan Gulhifalhu. Dibangun di atas terumbu karang yang direklamasi pada tahun 1992, tempat ini merupakan tempat pembuangan lebih dari 300 ton sampah. Dikabarkan tumbuh dengan laju sekitar 0,92 meter persegi sehari. Namun kemudian menarik pengusaha untuk membuat daratan.

The Palm Jumeirah atau Palm Islands

Photo by Magnus Manske on Wikipedia

The Palm Jumeirah merupakan satu dari tiga set pulau buatan manusia yang ada di Dubai. Terletak di pantai Dubai, Uni Emirat Arab, kepulauan ini dibangun dengan cara reklamasi oleh perusahaan pemerintah UEA, Nakheel. Sesuai namanya, pulau ini terlihat begitu artistik karena berbentuk seperti pohon palm.

Pulau Balboa

Photo by WPPilot on Wikipedia

Pulau Balboa di Pantai Newport California adalah rantai tiga pulau modifikasi atau buatan yang meliputi Pulau Balboa, Pulau Little Balboa dan Pulau Collins. Ada sebuah jembatan yang menghubungkan Pulau Balboa ke daratan, dan ada juga dengan kapal feri yang menghubungkan keduanya.

The World Islands

Photo by J. Patrick Fischer on Wikipedia

Seperti Palm Islands, The World Islands atau Kepulauan Dunia juga berada di Dubai, Uni Emirat Arab tepatnya terletak di Teluk Persia. The World Islands adalah satu dari banyak pulau buatan di Dubai. Kepulauan ini terbuat dari pulau-pulau kecil yang ditempatkan dalam bentuk peta dunia. Kepulauan ini terbangun dari pasir yang dikeruk dari perairan pantai dangkal dari Dubai. Proyek ini dirancang oleh penguasa Dubai, Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum.

Amwaj Island

Photo by Magnus Manske on Wikipedia

Kepulauan Amwaj di Bahrain adalah kelompok pulau buatan di Teluk Persia. Pulau-pulau ini direklamasi dari laut dangkal. Amwaj adalah sebuah proyek perintis untuk menawarkan 100% kepemilikan freehold untuk ekspatriat di Bahrain. Proyek ini terdapat infrastruktur yang lengkap, dengan bangunan komersial, perumahan, hotel, dan marina melingkar.

Spiral Island 

Photo by BetacommandBot on Wikipedia

Spiral Island (Pulau Spiral) di Meksiko adalah sebuah pulau buatan manusia mengambang, dalam arti sebenarnya. Pulau yang dibangun oleh seniman Inggris Richard "Reishee" Sowa pada 1998 ini menggunakan lebih dari seperempat juta botol plastik. Pulau ini sempat hancur saat badai Emily melanda Meksiko. Lalu pada 2005, pulau ini dibangun kembali. 

The Pearl-Qatar

Photo by Ahecht on Wikipedia

Pearl-Qatar adalah sebuah pulau buatan manusia di Doha, Qatar. Luasnya sekitar 4 juta meter persegi dan tanah pertama di Qatar yang tersedia untuk kepemilikan dibebaskan untuk warga negara asing. Pulau ini mengalami peningkatan populasi dari 3.000 orang pada 2011 menjadi 12.000 orang pada tahun 2015. Pearl-Qatar, diharapkan untuk mengakomodasi fasilitas hiburan yang besar bagi warga maupun wisatawan dalam waktu dekat. *** (SS)

SHARE