Ganti Ponsel! Banyak Perangkat 5G Hadir Tahun Ini - Male Indonesia
Ganti Ponsel! Banyak Perangkat 5G Hadir Tahun Ini
Sopan Sopian | Digital Life

Di ajang MWC 2019 tahun ini 5G dan ponsel tekuk (lipat) jadi dua topik paling banyak dibicarakan sepanjang perhelatan akbar tersebut. Bahkan beberapa vendor smartphone sudah meluncurkannya di Indonesia.

male indonesia smartphone 5g
Photo by Tomasz Zagórski on Unsplash

Sebut saja Samsung telah meluncurkan Galaxy S10 5G, di mana spesifikasinya mengusung layar Curved Dynamic AMOLED dengan resolusi Quad HD+ dalam rasio layar 19:9 dan penampang selebar 6,7 inci.

Jika dibandingkan dengan dua saudara kandungnya, varian ini adalah yang paling bongsor dan mengemas fitur yang lebih komplet, salah satunya adalah kehadiran teknologi 5G yang secara default tersedia.

Kemudian, Huawei Mate X, ponsel ini diketahui memiliki layar lipat dengan 3 mode, dilipat dengan bentuk layar ponsel, dapat dilipat terbuka menjadi tablet, dan layar belakang pada Smartphone lipat ini dapat digunakan untuk berselfi ataupun video call. Selain itu, tentu teknologi 5G pun disematkan di dalamnya. 

Setelah itu LG V50 5G. Selain peningkatan jaringan 5G, LG V50 juga membawa baterai yang lebih besar yang tampaknya sebagai kompensasi kebutuhan daya saat terkoneksi ke jaringan generasi kelima itu. 

Xaomi Mi Mix 3 5G tak mau ketinggalan pesta dengan meluncurkan varian baru dari Mi MIX 3 dengan imbuhan 5G di bagian belakang, maka jadilah Mi MIX 3 5G. Untuk spesifikasi lainnya, praktis hanya jeroan yang berbeda jika dibandingkan dengan Mi MIX 3 standar.

ZTE Axon 10 Pro 5G juga terlibat. ZTE mungkin bukan brand top seperti Samsung. Tetapi sepanjang tahun mereka konsisten melahirkan perangkat dengan inovasi yang tak bisa disebut medioker. Bahkan jauh sebelum Galaxy Fold muncul, ZTE sudah mengeluarkan smartphone tekuk terlebih dahulu. Jadi, hanya nasib yang membuat ZTE selalu berada di bawah bayang-bayang Samsung ataupun Huawei.

Bersaing di Teknologi 5G
Tech Radar melaporkan, pada dasarnya jaringan 5G menjanjikan hal yang lebih besar dari internet cepat. Menariknya, ini memungkinkan beberapa sensor untuk dihubungkan bersama pada jaringan sekaligus.

Selain itu, 5G juga memiliki efek besar pada hal-hal seperti pabrik besar, di mana beberapa elemen dapat dipantau untuk membawa efisiensi skala besar. Seperti halnya, mobil tanpa pengemudi akan dapat dihubungkan dan dikendalikan.

Bermain game saat bepergian dimungkinkan, karena Anda dapat terhubung ke server berkualitas konsol dan mengalirkan game ke ponsel Anda. Heck, bahkan hewan peliharaan Anda tidak akan hilang lagi ketika mereka memiliki chip 5G di leher mereka. Tetapi jaringan 5G baru saja dimulai, ada uji coba terbatas atau peluncuran yang sangat kecil di wilayah utama Asia dan AS. *** (SS)

SHARE