Menjelajahi Negara Paling Indah di Eropa Utara - Male Indonesia
Menjelajahi Negara Paling Indah di Eropa Utara
Sopan Sopian | Relax

Terletak di Semenanjung Skandinavia, Norwegia menyediakan tempat wisata yang menarik. Tak heran, dikarenakan negara yang termasuk dalam Eropa Utara ini memiliki pemandangan alam yang indah.

Tidak ada akhir pilihan bagi wisatawan di tanah matahari tengah malam dan cahaya utara yang menakjubkan itu. Berkeliling Norwedia mudah dilakukan, dan sistem transit terbaik di negara ini menawarkan beberapa peluang wisata terbaik juga, baik dengan kereta api atau kapal uap pantai yang fantastis.

Akan tetapi, mungkin bicara Norwegia seluruhnya terlalu umum. Ada beberapa yang bisa dinikmati di negeri tersebut. Berikut adalah tempat wisata yang wajib dikunjungi saat berlibur ke Norwegia.

Geirangerfjord

Pixabay.com

Salah satu pemandangan indah yang disajikan oleh Norwegia adalah Geirangerfjord. Geirangerfjord merupakan sebuah fjord yang terletak di barat daya Norwegia yang membentang sepanjang lebih dari 15 km. 

Fjord ini memiliki daya tarik berupa tiga air terjun indah dan dikelilingi oleh tebing-tebing hijau yang tinggi. Karena keindahannya, fjord ini mendapat pengakuan dan perlindungan langsung dari UNESCO. Jika ingin bersantai, terdapat  kedai atau boathouse di pinggir sungai tepi tebing. Tersedia pula perahu kayak jika Anda ingin mengarungi sungai.

Lillehammer

Photo by Nasjonalbiblioteket on Flickr

Terletak di atas Danau Mjosa di ujung selatan lembah Gudbrandsdal, Lillehammer adalah salah satu tujuan wisata terbaik sepanjang tahun di Norwegia. Di musim panas, ini semua tentang atraksi seperti Malhaugen Park, sebuah museum terbuka yang terdiri dari lebih dari 100 bangunan bersejarah, termasuk rumah pertanian abad ke-18, lokakarya dan gereja yang stave. 

Tempat penting lainnya adalah Peer Gynt’s Cottage. Kencan dari awal 1700-an, dikatakan telah menjadi rumah bagi prototipe pahlawan terkenal Ibsen. Tapi saat itulah salju menerbangkan Lillehammer yang benar-benar bersinar. Tuan rumah Olimpiade Musim Dingin 1994, daftar kegiatan musim dingin di kota ini tidak ada habisnya: skating, curling, kereta luncur naik, 300 mil dari jalur ski Nordik, serta pusat ski alpine.

Desa Flam

Pixabay.com

Sebuah desa kecil di perbukitan Sognefjord menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi saat ke Norwegia. Deretan perumahan dan penginapan yang berjejer rapi menghiasai perbukitan hijau. Aliran air sungai yang biru membelah pedesaan semakin menambah keindahan Desa Flam.

Untuk mengelilingi desa, terdapat kereta wisata yang siap mengajak Anda melintasi perbukitan hijau dan menikmati birunya langit. Selain dengan kereta, Anda juga bisa menjelajah desa menyusuri sungai dengan speedboat.

Kota Bergen

Pixabay.com

Kota terbesar kedua di Norwegia setelah Oslo ini dinobatkan oleh UNESCO sebagai bagian dari situs warisan dunia yang harus dilestarikan. Tidak hanya menyajikan tata kota yang rapi dan cantik serta pemandangan alam yang indah, Bergen juga menyuguhkan wisata budaya dan sejarah.

Untuk menikmati kota Bergen, Anda bisa menggunakan Floibanen funicular, semacam cable car yang mengantarkan Anda dari pusat kota Bergen ke puncak Gunung Floyen. Dari atas puncak ini Anda bisa melihat keindahan kota Bergen secara keseluruhan.

Voringfossen

Pixabay.com

Voringfossen adalah air terjun Norwegia yang paling terkenal, mengalir turun 180 meter (600 kaki) dalam serangkaian tetes, meski hanya menempati urutan 83 dalam daftar air terjun tertinggi di Norwegia. Voringfossen terletak di Mabodelen, sebuah lembah sempit antara Oslo dan Bergen. 

Wisatawan telah mengunjungi Voringfossen selama hampir 200 tahun, sebuah hotel yang dibangun pada tahun 1880 di atas diperlukan tamu untuk berjalan 1.500 langkah untuk mencapai akomodasi mereka. Bagian atas lebih mudah dicapai akhir-akhir ini, namun jatuhnya tidak sekuat dulu karena pembangkit listrik tenaga air yang dibangun di hulu. *** (SS)

SHARE