James Brown, Sosok Musisi Pencipta Lagu Abadi - Male Indonesia
James Brown, Sosok Musisi Pencipta Lagu Abadi
Sopan Sopian | News

Bagi generasi sekarang mungkin kurang familier dengan nama James Brown, lain halnya jika mereka pecinta musik. James Brown merupakan legenda musik soul yang meninggal di pagi Natal pada 2006. Setelah dilarikan ke Emory Crawford Long Hospital di Atlanta karena pneumonia.

publicdomainpictures.net

Akan tetapi, seperti telah banyak diketahui, kematian pria yang digelari "The Godfather of Soul" itu diduga bukan karena sakit. Tetapi karena dibunuh. Hal itu diketahui setelah melalui rangkaian investigasi yang dilaporkan CNN pada Selasa, 5 Februari 2019.

Sebelumnya, Globe juga menuliskan artikel bahwa Brown dibunuh dengan cara diracun. hal itu diungkap mantan rekan Brown, Jacque Hollander. "Uji toxologi pada jasadnya, khususnya bagian rambut, akan lebih mudah untuk mengetahui dia diracun sebelum meninggal. Tidak dilakukan autopsi saat itu, tapi tubuhnya seharusnya digali kembali dan seseorang melakukannya sekarang," ungkap Hollander.

CNN sendiri, pada 2017 lalu, di mana investigasi itu dimulai, melaporkanbahwa salah seorang reporter CNN dikontak oleh salah seorang penyanyi yang memiliki informasi seputar kematian Brown, di mana tak lain adalah Jacque Hollander.

Akan tetapi, itu bukan kunci. CNN melaporkan bahwa subyek kunci dari kecurigaan ini adalah Dr. Marvin Crawford, yang menandatangani sertifikat kematian Brown di Atlanta. Pernyataan sang dokter dalam laporannya adalah, "Dia (Brown) selalu curiga ada permainan busuk (terhadapnya)."

Crawford mengatakan saat ini dia ragu akan penyebab kematian James Brown. Dokter ini mempercayai jika James Brown meninggal karena overdosis, tidak disengaja atau sebaliknya. Kondisi Brown "berubah terlalu cepat," kata Crawford kepada CNN.

Photo by MarthaBrown1953 on Wikipedia

"Dia adalah pasien yang tak pernah bisa saya prediksi jika berusaha memberitahu kode-kode. Tetapi dia meninggal malam itu, dan saya bertanya-tanya 'Apa yang salah di ruangan (tempat Brown dirawat) itu?'" tambahnya.

Crawford menambahkan bahwa ia merekomendasikan Brown untuk diautopsi, namun ditolak oleh sang putri, Yamma. Sayangnya Yamma tak memberikan informasi apapun. Investigasi lebih lanjut, putri Brown lainnya, Deanna Brown Thomas pun juga dikontak. Thomas, yang pernah menduga jasad ayahnya tidak ada dalam peti, juga tak menyangkal maupun mengiyakan laporan tersebut.

Kejadian lain yang semakin membuat curiga adalah pernyataan resmi dari manager James Brown, Charles Bobbit tentang kematian sang penyanyi. Mereka yang diwawancarai oleh CNN mengatakan cerita Bobbit "tidak masuk akal" dan menggambarkannya sebagai "selalu sedikit kabur."

Andre Moses White, yang membantu Brown memeriksakan diri ke rumah sakit pada Desember 2006, mengatakan bahwa kematian James Brown tidak seperti yang terlihat. Itulah sebabnya dia mengambil sampel darah dalam botol, usai kematian sang penyanyi. Dengan harapan pihak berwajib bisa menggunakan untuk menyelidikinya.

Pencipta Lagu Abadi
James Brown adalah seorang penyanyi gereja yang akhirnya mengubah warna musik dunia dengan musik, vokal dan gayanya di atas panggung. Ia kerap disebut sebagai Godfather of Soul dan berkarier selama 50 tahun lebih, memberi pengaruh amat besar terhadap banyak penyanyi generasi lain.

Photo by Leahtwosaints on Wikipedia

Pada masa mudanya, dia tumbuh dalam kemiskinan dan kejahatan. Pada usia 16 tahun untuk pertama kali dia ditangkap lewat dijatuhi hukuman delapan hingga 16 tahun menjadi buruh kasar gara-gara mengerjakan perampokan bersenjata. 

Pada 1987, untuk kelima kalinya dalam 10 bulan, dia ditangkap karena mengonsumsi obat-obatan terlarang. Oleh istrinya, dia pernah dituduh telah mengerjakan penyerangan dan pemukulan. Pada tahun berikutnya, dia dihukum enam bulan penjara atas tudingan telah mengerjakan percobaan pembunuhan. Pada Februari 1991 dia dimerdekakan dengan syarat dia tak akan kembali memakai atau memiliki senjata.

Sepanjang hidupnya, Brown telah memiliki 62 album studio, tampil di puluhan film dan dokumentasi, bahkan hadir dalam bentuk gim. Brown juga sempat pula menggung di Jakarta International Java Jazz Festival 2005 di Plenary Hall, Jakarta Convention Center.

Brown merupakan seorang artis musik besar yang menginspirasi banyak artis musik dari generasi-generasi yang berlainan, dari Mick Jagger, David Bowie, dan Michael Jackson, hingga para rapper yang amat mencontoh musiknya yang sangat nge-groove

Kekuatannya meluas sampai ke kehidupan politik dan akal budi Amerika Serikat pada kesudahan 1960-an, ketika dia memberi suaranya untuk gerakan hak sipil lewat lagu-lagunya, selang lain, Say It Loud dan I’m Black and I’m Proud (1968).

Selain menginspirasi banyak penyanyi duania, ia juga merupakan seorang pencipta lagu abadi. Sebut saja I GOt You (I Feel Good) yang dirilis pada 1965, hingga kini lagu tersebut masih sering digunakan. Mungkin tanpa sadar Anda juga mengenal lagu tersebut.

Sepanjang hidupnya, Brown telah menerima sederet penghargaan. Sebut saja, dua tropi Grammy, sebuah Grammy Lifetime Achievement Award pada 1992, dan sebuah penghargaan bergengsi Kennedy Center Honors pada Desember 2003. *** (SS)

SHARE