Riset: Bahaya Tidur Balas Dendam di Akhir Pekan - Male Indonesia
Riset: Bahaya Tidur Balas Dendam di Akhir Pekan
Sopan Sopian | Sex & Health

Tak sedikit orang untuk menggunakan masa akhir pekan mereka untuk menebus jam tidur yang hilang selama sepekan bekerja. Namun hal ini justru berdampak buruk bagi kesehatan yang melakukannya.

 Bahaya Tidur - Male IndonesiaPhoto by Hutomo Abrianto on Unsplash

Jika Anda berencana tidur seharian di akhir pekan ini untuk melunasi utang tidur selama sepekan kemarin maka pertimbangkan hasil studi ini.  Menurut peneliti, Christopher Depner, kebanyakan orang kurang mendapatkan tidur 7-8 jam sehari, karena urusan pekerjaan.

"Kebanyakan orang kurang tidur selama seminggu kerja dan kemudian mereka berusaha balas dendam atau tidur lebih banyak di akhir pekan," kata Christopher Depner seperti dilansir dari laman Medical Daily.

Meskipun metode 'balas dendam' ini sepertinya merupakan solusi yang sempurna, Depner melalui penelitian yang dilakukannya justru menemukan fakta sebaliknya. Ia menemukan bahwa orang yang kerap 'balas dendam' dengan tidur seharian di akhir pekan lebih berisiko mengalami kenaikan berat badan dan memicu diabetes dalam jangka panjang.

Bangun terlambat hanya pada akhir pekan, kata Depner, juga dapat mengganggu ritme sirkadian Anda. Seiring Anda menggeser jam tubuh internal dari jam eksternal maka hal ini akan menyebabkan masalah tidur pada minggu malam dan berulang setiap hari.

Azizi Seixas seorang ahli tidur berpendapat bahwa orang merasa dirinya bisa menjadi mesin di lima hari kerja dan benar-benar menjadi manusia di akhir pekan. "Tidur bukan permainan matematika, Anda tidak bisa menyeimbangkannya. Tubuhmu perlu jadwal untuk menjalani perannya," imbuh dia.

Namun, menurut sebuah studi terbaru, kebiasaan tidur balas dendam sebetulnya tidak memberi dampak apa pun. Hasil riset yang dipublikasikan di jurnal Current Biology tersebut dilakukan oleh University of Colorado, Amerika Serikat. 

 

Tidur balas dendam di akhir pekan mungkin bisa membuat merasa lebih baik beberapa saat. Namun, jika pola tidur kembali lagi menjadi buruk pada sepekan berikutnya, dan lalu pola tersebut terjadi terus menerus, maka hal itu justru akan berdampak buruk bagi kesehatan. 

"Studi kami menemukan bahwa perilaku bekerja keras sepanjang hari di hari kerja dan mencoba tidur balas dendam di akhir pekan adalah usaha yang tidak efektif bagi kesehatan," Kenneth Wright yang juga seorang profesor psikologi integratif dan Direktur Sleep and Chronobiology Lab dalam Thisisinsider.

Laman ScenceNews melaporkan, sejak 1990-an, para ilmuwan telah memahami, kurang tidur dapat memengaruhi kesehatan metabolisme seseorang, menyebabkan perubahan perilaku dan fisiologis yang dapat menyebabkan obesitas dan diabetes tipe 2. 

Namun pada 2014, sekitar 35% orang dewasa Amerika melaporkan tidur kurang dari yang disarankan tujuh jam per malam, menurut data terbaru yang tersedia dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit A.S.

Akhir pekan mungkin tampak seperti waktu yang ideal untuk tidur, tapi tidak jelas apakah itu bisa berhasil. Karena itu, Christopher Depner, ahli fisiologi tidur di University of Colorado Boulder, dan rekan-rekannya menempatkan tiga kelompok orang dewasa muda di usia pertengahan 20-an melalui rejimen tidur yang berbeda selama kurang lebih dua minggu.

Satu kelompok tidur sekitar delapan jam setiap malam, yang lain mendapat kira-kira lima jam semalam. Sedangkan yang ketiga mendapat sekitar lima jam pada malam hari, tidur kapan saja dan sebanyak yang mereka inginkan selama akhir pekan.

Pemulihan akhir pekan biasanya begadang hingga tengah malam atau pukul 01.00 malam Jumat, Sabtu malam dan tidur hingga pukul 11.00 siang hari. Tetapi mereka juga begadang pada hari Minggu, tidur sekitar enam jam menuju hari kerja.

Para peneliti menemukan, secara kumulatif selama akhir pekan, masing-masing hanya mendapat sekitar 1,1 jam lebih dari siklus tidur alami mereka. Ini mengindikasikan mereka membutuhkan antara Jumat dan Minggu malam.

"Jadi mereka memang mendapatkan tidur tambahan," kata Depner, tetapi tidak cukup untuk memulihkan tidur yang hilang selama minggu kerja.

Dan, seperti kelompok yang terlalu sedikit tidur setiap malam, orang yang menginap di akhir pekan mendapatkan sesuatu yakni berat badan. "Kurang tidur mengganggu hormon pengontrol nafsu makan seperti leptin," kata Depner.

Dan pergeseran dalam jam biologis alami akhir pekan tidur jam kemudian menyebabkan mereka menjadi lapar. Selama pekan kerja, kedua kelompok mengonsumsi sekitar 400-650 kalori dalam camilan larut malam, seperti pretzel, yogurt, dan keripik kentang. Pada akhir percobaan, orang-orang di kedua kelompok telah memperoleh rata-rata sekitar 1,5 kilogram.

Tetapi ketika datang ke sensitivitas insulin, kedua kelompok berbeda. Sensitivitas di semua jaringan tubuh pada kelompok pemulihan akhir pekan turun sekitar 27% dibandingkan dengan sensitivitas awal mereka yang diukur pada awal percobaan.

Hal itu jauh lebih buruk daripada penurunan 13% pada mereka yang secara konsisten kurang tidur. Dan orang yang tidur di akhir pekan adalah satu-satunya yang mengalami penurunan yang signifikan dalam sel-sel hati dan otot -keduanya penting untuk pencernaan makanan- setelah akhir pekan berusaha mengejar tidur.

"Itu sangat tak terduga," tutur Depner. Bersepeda antara minggu tanpa tidur dan akhir pekan pemulihan bisa "memiliki beberapa konsekuensi kesehatan yang negatif di dalam dan dari dirinya sendiri".

Peter Liu, seorang ahli endokrin tidur di UCLA, mempertanyakan apakah hasil ini dapat diterapkan secara luas, terutama pada orang-orang yang secara kronis kurang tidur. Dia menemukan bahwa tidur beberapa jam bermanfaat untuk sensitivitas insulin dalam penelitiannya terhadap orang yang dilaporkan tidak cukup tidur. "Ini bukan kata terakhir pada topik penting ini," katanya.

"Tetapi istirahat adalah pilar ketiga dari gaya hidup sehat: tidur, olahraga, dan diet," kata Liu. "Sama seperti Anda tidak akan mengatakan kepada seseorang, Anda harus melakukan diet yang baik dari Senin sampai Jumat, tetapi pada akhir pekan Anda bisa makan apa pun yang Anda suka. Saya pikir itu prinsip yang sama di sini dengan tidur," tambahnya. *** (SS)

SHARE