Tips mudah Bersihkan Helm Sendiri di Rumah - Male Indonesia
Tips mudah Bersihkan Helm Sendiri di Rumah
Sopan Sopian | Sport & Hobby

Sebagai pengendara motor, helm merupakan perlengkapan yang wajib digunakan. Ketika helm terus digunakan tanpa pernah dicuci, tentu memiliki  bau kurang sedap karena keringat dan kotoran yang menempel.

Photo by Daniele Fantin on Unsplash

Saat helm sudah bau karena keringat dan kotoran yang menempel, pastinya banyak bakteri, jamur, dan lain sebagainya akan mudah berkembang biak. Untuk meminimalisir itu, tentu mencuci adalah jalan keluar satu-satunya. 

Tapi pasti Anda akan bingung ketika harus mencucinya helm sendiri. Maka dari itu, persoalan ini sekarang sudah tidak lagi menjadi masalah. Berikut cara asik membersihkan helm sendiri yang bisa Anda lakukan di rumah.

1. Melepas Komponen
Sebelum mencuci, pastikan seluruh busa atau pading bagian atas dan pipi, rachet, visor, dan ventilasi semuanya dilepas. Mencuci helm tidak bisa dilakukan sekaligus, Anda harus melepas bagian per bagian dan membersihkannya satu per satu. Kesabaran ekstra memang cukup dibutuhkan di sini.

2. Rendam Busa di Dalam Air yang Bercampur Shampoo Bayi
Setelah semua komponen dilepas. Rendam busa di dalam air sabun bersih atau sampo bayi selama 30 menit. Setelah itu, sikat busa dengan hati-hati menggunakan sikat berukuran kecil sampai bersih. Rendam pula busa yang sudah bersih tersebut dengan pengharum pakaian agar wanginya lebih tahan lama saat dipakai nanti.

3. Cuci Bagian Luar Helm
Sambil menunggu bagian busa direndam, Anda bisa membersihkan bagian visor, atau kaca depanya dengan menggunakan air hangat guna mengangkat kotoran dan minyak pada kaca. Setelah itu, gosok helm dengan menggunakan kain halus dan wax pemoles supaya kinclong dan mulus.

4. Sikat Busa Helm dengan Sikat Gigi
Setelah direndam kira-kira setengah jam, Anda bisa mulai menyikat dengan menggunakan sikat gigi. Jangan sekali-kali menggunakan sikat yang kasar karena akan membuat lapisan kainnya menjadi melar atau mungkin brudul, lakukanlah secara perlahan. 

5. Proses Pengeringan
Ada beberapa cara mengeringkan bantalan helm yang basah tadi. Cara pertama menggunakan hair dryer (pengering rambut) dengan mengatur tombol pada pilihan low agar lapisan/bantalan yang tebuat dari sterofoam tidak meleleh.

Cara yang kedua adalah dengan menjemurnya dibawah sinar matahari secara langsung. Cara yang kedua lebih bagus karena proses pengeringan terjadi secara alami. Tetapi terserah Anda mau menggunakan cara yang mana, mau yang cepat atau alami? Semua tergantung kebutuhan.

6. Semprotkan Pewangi dan Desinfektan
Cara membersihkan helm yang terakhir adalah menyemprotkan wangi-wangian khusus yang berguna sebagai desinfektan atau pembunuh kuman penyebab bau tak sedap serta jamur di bagian dalam helm. *** (SS)

SHARE