Prestasi Zinedine Zidane, Cermin Kecerdasan - Male Indonesia
Prestasi Zinedine Zidane, Cermin Kecerdasan
MALE ID | Sport & Hobby

Tak ada lagi yang pantas diragukan dari prestasi Zinedine Zidane. Pencapaiannya di musim pertama sebagai pelatih Real Madrid FC yang sukses menggondol Piala Liga Champions musim 2015/2016 adalah bukti akurat dari kecerdasannya. Dialah pelatih pertama asal Perancis yang berhasil memboyong gelar raja Eropa bagi klub.

[caption id="attachment_1877" align="aligncenter" width="960"]Prestasi Zinedine Zidane male indonesia Rodrigo SEPÚLVEDA SCHULZ/flickr.com[/caption]

Bukan Ronaldo, bukan Segio Ramos, dan bukan pula Gareth Bale yang menjadi bahan perbincangan atas adidaya El Real di final Liga Champions 2016. Tapi Zinedine Zidane lah sosoknya. Pelatih yang menjadi caretaker selepas dipecatnya Rafael Benitez dari Las Galacticos adalah pribadi yang banyak dikagumi saat masih menjadi pemain. Prestasi Zinedine Zidane dengan raihan tiga kali menjadi pemain terbaik dunia adalah bukti otentik. Piala Dunia, Piala Eropa, Liga Champions sudah semua dicicipinya. Dan kini Ia berhasil menularkan kebrilianan otaknya kepada Karim Benzema  cs di klub terkaya di dunia, Real Madrid.

Posisi Real Madrid yang di klesmen akhir La Liga masih di bawah rival terbesarnya, Barcelona, tidak membuatnya patah arang. Target prestisius merebut gelar ke-11 Liga Champions bagi klub mega bintang asal kota Madrid terus dikejar dan terbukti dicapainya. Betemu dengan klub sekota, Atletico Madrid, dan sempat hanya menuai hasil seri hingga perpanjangan waktu, anak-anak asuh Zidane dengan gagah memenangi adu penalti. Dan perayaan kemenangan di stadion San Siro, Italia pun menjadi milik mereka.

Rasanya peristiwa “sundulan kepala” ke dada bek asal Italia, Marco Materrazi, di final Piala Dunia 2006 yang berakhir dengan kekalahan tim Prancis tak banyak mempengaruhi spirit sepakbola Zizou, begitu dia dikenal. Tokoh sepakbola yang lahir tahun 1972 di Perancis dengan nama lengkap Zinedine Yazid Zidane ini adalah otak permainan tim Perancis saat memenangi Piala Dunia 1998 dan Piala Eropa 2000. Pria keturunan Aljazair ini membuat pemain lawan selalu kocar-kacir. Bahkan tim sekelas Brasil yang menjadi maestro sepakbola indah pun harus mengakui kelincahan kaki-kakinya memainkan bola. Kolekasi raihan prestasi Zinedine Zidane adalah cermin dari kecerdasan otaknya yang mengagumkan.

Seorang Zlatan Ibrahimovic mengatakan, “Zidane adalah pemain dari planet lain. Ketika Ia masuk lapangan maka sepuluh pemain dalam timmnya baru benar-benar terbangun”. Atau coba simak yang dikatakan mantan rekan setimnya di ibukota Spanyol itu, David Beckham. “Dia adalah salah satu pemain terbaik sepanjang masa”.

Mengawali karir sepakbola profesional di klub Cannes pada tahun 1989 lalu hijrah ke klub Bordeaux, kemudian Juventus dan mengakhiri karirnya sebagi pemain di Real Madrid yang pada saat proses transfernya sempat memecah rekor dunia di tahun 2001. Ia pun berhasil membawa klub raksasa itu menjadi jawara Liga Champions 2002 dengan gol indahnya ke gawang klub asal Jerman, Bayern Leverkusen. Prestasi Zinedine Zidane memang tak ada yang bisa membantah.**MIND
SHARE