Roti Arepa, Cita Rasa Kuliner Khas Venezuela - Male Indonesia
Roti Arepa, Cita Rasa Kuliner Khas Venezuela
Gading Perkasa | Relax

Jika sebelumnya ada Thai Tea dan Mango Rice yang sempat booming di Indonesia sejak beberapa tahun belakangan, kini ada jenis menu makanan pendatang yang diprediksi bakal menjadi tren di tahun 2019. Menu itu bernama roti arepa.

Alpha/flickr

Roti arepa kini mulai dikembangkan di Indonesia. Selain lezat, makanan ini juga menyehatkan tubuh. Arepa sendiri sejatinya merupakan hidangan roti yang menjadi makanan pokok orang-orang di Venezuela dan Kolombia sejak berabad-abad lalu.

Dengan tekstur yang garing di bagian luar, roti arepa justru terasa lembut di bagian dalam. Bahkan arepa tengah populer di luar benua Amerika, seperti Inggris dan negara-negara lain di Eropa.

Bahan utama roti arepa adalah tepung jagung giling yang sudah dimasak di dalam air dan dikeringkan. Racikan itu lantas diolah menjadi roti burger dan dipanggang, digoreng, direbus, atau dikukus. Arepa juga dapat dikombinasikan dengan apa saja seperti daging, keju, sayuran, hingga kacang-kacangan.

“Arepa ini seperti sandwich yang enak,” kata Lovett, pemilik bisnis street food Yakumama, sebagaimana dilansir dari Independent. Ia banyak melayani pesanan makanan dari Amerika Latin untuk berbagai acara.

Yakumama menyajikan arepa berisi paha ayam, acar bawang merah dan mangga yang gurih. Ada pula arepa berisi pisang raja, kacang hitam, jamur tiram, dan tahu.

“Orang-orang selalu mencari makanan baru dan menarik. Ditambah lagi, masakan Venezuela dan Kolombia masih tergolong belum tereksplor,” tutur Brett Heyneman, pemilik street food asal Inggris.

Heyneman menyebut, banyak orang yang kini mencari arepa dan itu membuat penjualan kuliner ini melonjak. Menurutnya, popularitas arepa meningkat karena 100 % bebas gluten serta cocok untuk kaum vegan dan vegetarian yang sedang menjamur. Di sisi lain, arepa juga memiliki harga sangat terjangkau.

“Saya pikir beberapa alasan mengapa arepa populer, karena rasanya enak dan menyenangkan untuk dimakan. Arepa juga sederhana, otentik, dan harga yang terjangkau,” kata Gabriel Gonzales, pemilik restoran di Peru kepada Independent.

Keunggulan arepa diprediksi membuatnya bakal jadi tren di dunia. Bukan tak mungkin, roti ini akan sering dijumpai di tanah air. Mau coba? [GP]

SHARE