Cegah Rambut Rusak Karena Air Kolam Renang - Male Indonesia
Cegah Rambut Rusak Karena Air Kolam Renang
Gading Perkasa | Looks

Setiap berenang, seketika rambut rusak, sangat kering dan terlihat berwarna abu-abu. Apalagi kalau Anda sering olahraga renang.

Photo by mali maeder from Pexels

Mungkin solusinya cukup mudah, yaitu menggunakan topi khusus berenang. Akan tetapi, banyak pria malas memakainya lantaran topi tersebut akan mengganggu penampilan. Pertanyaannya, bagaimana MALEnials mencegah rambut rusak dari air kolam renang?

Berikut lima cara mudah yang dapat Anda coba sebelum dan sesudah berenang. Antara lain:

Bilas Rambut Sebelum Berenang
Memang betul, topi renang akan membuat rambut tidak basah dan melindunginya dari kontak dengan kandungan logam pada air. Namun topi bukan satu-satunya solusi untuk menjaga kesehatan rambut.

Jika Anda terlalu sering masuk ke dalam air dengan klorin, risikonya rambut akan rusak. Khususnya bagi Anda yang memiliki rambut berwarna, kering, tipis dan cenderung halus.

Hal yang bisa Anda lakukan, bilas rambut dengan air bersih sebelum masuk ke kolam renang. Tidak perlu mandi atau membasahi seluruh tubuh, cukup basahi rambut saja. Sehingga rambut tetap sehat.

Jangan Gunakan Sampo
Penting bagi Anda menghindari sampo saat hendak melompat ke kolam. Sampo bereaksi negatif dengan air klorin dan menyebabkan rambut semakin mengering. Jadi ingat, satu-satunya yang harus Anda lakukan adalah bilas rambut dengan air. Lebih baik lagi, sehari sebelum berenang Anda tidak keramas menggunakan sampo.

Oleskan Minyak Kelapa
Oleskan minyak kelapa atau kondisioner sesaat sebelum berenang untuk melindungi rambut. Minyak akan bertindak sebagai penghalang antara rambut dan air yang mengandung klorin.

Silikon di dalam kondisioner membuat klorin dan bahan kimia lainnya menjauh dari rambut Anda. Hal ini juga menjaga rambut dari kusut.

Bilas Rambut Setelah Berenang
Membilas rambut bukan cuma saat Anda mau berenang, setelahnya juga penting. Karena semakin lama klorin tertinggal di rambut, semakin banyak kerusakan akan ditimbulkan.

Jika memang memungkinkan, gunakan sampo dan kondisioner segera setelah Anda keluar dari kolam. Beberapa sampo khusus dibuat untuk membantu menghilangkan klorin dan merupakan solusi tepat.

Biarkan Rambut Kering
Tidak salah memakai pengering rambut usai berenang. Walau begitu, jauh lebih baik menghindari pengering rambut dan biarkan rambut Anda kering dengan sendirinya. Apabila rambut Anda mengalami kerusakan karena kaporit, datangi barbershop dan pangkas habis. [GP]

SHARE