Baterai Enggak Boros Saat Main Game, Ini Caranya! - Male Indonesia
Baterai Enggak Boros Saat Main Game, Ini Caranya!
MALE ID | Digital Life

Lemahnya daya tahan baterai merupakan salah satu hal yang mengganggu saat bermain game. Belum lagi, Anda yang tengah asyik bermain justru harus terhenti lantaran smartphone tiba-tiba kehabisan baterai dan mati.

Photo by freestocks.org from Pexels

Agar dapat bermain game tanpa diganggu daya tahan baterai, ada beberapa tips sederhana. Dijamin dapat membantu Anda menghemat baterai. Berikut ulasan selengkapnya, mengutip berbagai sumber.

Nyalakan Fitur Hemat Baterai
Cara pertama tidak membutuhkan aplikasi tambahan. Cukup mengaktifkan Power Saver Mode atau Battery Saver. Hampir semua smartphone memiliki fitur ini, meski namanya sedikit berbeda.

Biasanya, Anda dapat mengaktifkan fitur hemat baterai di menu Setting, pilih Power Save Mode atau nama lain yang berfungsi untuk menghemat daya baterai.

Atur Grafis ke Mode Low
Langkah kedua yaitu mengubah pengaturan grafis game ke mode low. Hanya saja, Anda memang tidak memperoleh kepuasaan bermain dibandingkan grafis HD yang memukau saat bermain Mobile Legend atau PUBG.

Sejumlah game menyediakan pengaturan grafis medium jika Anda merasa pengaturan low terlalu menganggu. Namun, penerapan grafis ke yang paling rendah membuat baterai menjadi lebih awet dan ponsel tidak cepat panas.

Aktifkan Mode Pesawat
Ini merupakan trik yang cukup ampuh untuk menjadikan pengalaman bermain game lebih baik. Coba gunakan ketika sedang push rank atau mengejar level dengan cepat.

Mode pesawat dan Wifi yang dinyalakan bersamaan bikin Anda menghemat baterai karena Anda tidak terganggu oleh panggilan telepon atau SMS. Jaringan seluler secara otomatis diblokir, menyisakan jaringan Wifi yang lebih stabil. Perlu diketahui, naik turunya sinyal akan berpengaruh terhadap daya tahan baterai.

Tutup Aplikasi Lain
Keluar dari semua aplikasi yang sedang dibuka. Bagi pengguna Android, adanya aplikasi yang berjalan di latar belakang akan sedikit berpengaruh terhadap performa perangkat.

Ketika tidak ditutup, maka sistem Android akan tetap bekerja di aplikasi-aplikasi tersebut. Hal ini tentunya bikin baterai boros.

Menurunkan Tingkat Kecerahan Layar
Sudah banyak orang tahu tingkat kecerahan layar juga dapat memengaruhi daya tahan baterai. Semakin rendah tingkat kecerahannya, baterai smartphone bertahan lebih lama.

Ketika kecerahan layar berada di tingkat maksimal, Anda mungkin merasa lebih nyaman. Namun, itu justru menghabiskan baterai lebih cepat.

Solusinya, cari tempat terang dan cukup cahaya ketika Anda bermain game. Sekalipun tingkat kecerahan layar diturunkan, Anda tetap dapat bermain dengan nyaman. [GP]

SHARE