Tenaga Uap & Kuda Tanda awal Revolusi Industri - Male Indonesia
Tenaga Uap & Kuda Tanda awal Revolusi Industri
Sopan Sopian | Story

Secara harfiah, selama pergolakan Revolusi Industri , Kereta Api Baltimore & Ohio masih berjalan dengan tenaga kuda. Steeds mengangkut kereta api B&O ketika kereta api diluncurkan pada Mei 1830. 

Pixabay.com

Menurut laporan History, ada cerita lucu, pada tahun 1868 di Institut Maryland oleh John HB Latrobe, perlombaan dramatis antara seekor kuda dan sebuah mesin kereta api kecil akan menandakan transisi bangsa ke tenaga mesin.

Para insinyur dari Inggris ragu-ragu bahwa setiap lokomotif bertenaga uap dapat menangani tanjakan curam dan menegosiasikan kurva yang sangat tajam di sepanjang Sungai Patapsco pada sistem B&O. Prihatin dengan investasi mereka, direktur B&O berpaling kepada Peter Cooper, seorang penemu dan pebisnis mandiri dari New York City.

Cooper mungkin tidak memiliki banyak pengalaman kereta api, tetapi ia memiliki pikiran. "Secara alami saya memiliki bakat dalam membuat," kenangnya dalam terbitan Boston Herald 9 Juli 1882. 

Cooper telah membangun boiler ganda untuk pabrik lem New York-nya dan bekerja dengan mesin uap dalam mengembangkan mesin pemotong kain dan sistem rantai berkelanjutan untuk menarik kapal di sepanjang Kanal Erie. Dia bahkan telah mendapatkan paten untuk ayunan bayi goyang otomatis yang menampilkan kipas untuk mengusir lalat dan alat musik untuk memainkan lagu pengantar tidur.

"Saya memberi tahu direksi bahwa saya yakin saya dapat menggerakan lokomotif," kata Cooper, yang memiliki insentif finansial yang besar dalam membuat B&O sukses.

Dia telah berinvestasi pada 3.000 hektar di luar Baltimore di mana garis B&O yang diusulkan akan berjalan. Cooper membuat sebuah lokomotif uap demonstrasi satu ton dari mesin kuningan tua yang dia miliki dan mengambil roda yang dia temukan di sebuah toko kereta api. 

Karena tidak dapat menemukan pipa besi yang cocok untuk ketelnya, dia mematahkan dua senapan dan menggunakan laras mereka sebagai tabung. Lokomotif mungil itu mungkin tidak terlihat seperti biasanya yang dilihat seperti sekarang, tetapi kekuatannya terbukti pada uji coba pertamanya, pada 24 Agustus 1830. 

Alat Cooper berhasil mengangkat selusin penumpang sepanjang tujuh mil dari Baltimore ke Relay untuk menjadi lokomotif uap Amerika pertama, dan untuk beroperasi di jalur komersial di Amerika Serikat.

John HB Latrobe bergabung dengan para pemimpin B&O lainnya dalam uji coba berikutnya di sepanjang jalur kereta api sepanjang 13 mil dari Baltimore ke Ellicott's Mills. Para direktur yang ada di dalam lokomotif (yang disebut "mesin Tom Thumb") senang ketika mereka mencapai kecepatan tertinggi 18 mil per jam.

"Mesin Tom Thumb" Vs Kuda
Namun, setelah melihat bunyi letusan "Mesin Tom Thumb", pemilik perusahaan kereta kuda Stockton & Stokes bertekad untuk menggagalkan masa depan. Ketika lokomotif melewati Relay sekembalinya ke Baltimore, operator kereta kuda menantang Cooper untuk memacu penemuannya yang bertenaga uap terhadap mobil kereta api yang ditarik kuda berdampingan di sepanjang jalur ganda.

Cooper menerima tantangan itu. Lokomotif yang akan ditarik kuda siap bertarung dengan kereta api bertenaga uap. Ketika sinyal diberikan, kuda langsung melesat ke arah setengah mil ketika Tom Thumb bekerja keras untuk membangun kepulan uap. 

Lokomotif menyembulkan awan uapnya saat mulai berjalan di lintasan. Akhirnya kereta yang ditarik kuda harus menerima kekalahan. Para penumpang yang ikut di dalam lokomotif milik Tom Thumb bersorak. 

Namun, tiba-tiba, deru lokomotif berubah. Sebuah sabuk penahan kulit terlepas dari roda, menyebabkan mesin berhenti. Kuda itu kembali memimpin. Cooper, sang pemilik "Tom Thumb" berusaha menyalakan api pada mesin yang panas ketika dia dengan panik mencoba untuk melakukan perbaikan. Pada saat dia dapat memperbaiki alatnya, sudah terlambat.

Setelah membangun keunggulan yang tidak dapat diatasi, kuda itu memenangkan perlombaan. Tetapi kemenangan itu terbukti berumur pendek. Para direktur kereta api menjauh dari uji coba yang begitu bersemangat tentang kecepatan, kekuatan, dan kemampuan lokomotif untuk menavigasi kurva-kurva yang ketat sehingga menjadi tenaga penuh untuk B&O.

"Kemenangan nyata adalah dimenangkan oleh Cooper," kata Latrobe kepada audiensnya pada tahun 1868. Dengan masa depan untuk tenaga uap, B&O pada bulan Januari 1831 mengiklankan hadiah $ 4.000 untuk pengembangan mesin yang lebih kuat. Pada 1836, ia memiliki selusin lokomotif yang beroperasi di sepanjang relnya dan memberhentikan kereta kudanya.

Apakah Perlombaan Benar-Benar Terjadi?
“Saya belum melihat bukti kuat tentang perlombaan antara kuda dan kereta api uap itu terjadi,” kata Travis Harry, direktur operasi museum di B&O Railroad Museum Baltimore.

“Penyebutan pertama dalam dokumen apa pun sampai 1868 dan untuk semua orang yang seharusnya berada di sana, tidak ada yang menyebutkannya dalam surat, buku harian atau artikel apa pun pada waktu itu soal balapan tersebut. Tetapi karena kuda itu seharusnya menang, itu akan terlihat buruk di jalan kereta api sehingga mereka mungkin tidak ingin menyebutkannya,” tambahnya menjelaskan.

Cooper sendiri menyinggung perlombaan yang terjadi setelah percobaan pertama dalam sebuah wawancara 1882. "Itu tidak berarti apa-apa," katanya. "Itu agak lucu, dan lokomotifnya keluar dari jalur," tambahnya.

Meskipun penemuan Cooper terbukti sukses, dia tidak pernah membangun lokomotif lain. Polymath mengalihkan perhatiannya ke usaha lain. Sebuah rolling mill milik Cooper adalah yang pertama di Amerika Serikat untuk membuat balok-I dan menggunakan proses Bessemer untuk membuat baja. Dia mengembangkan torpedo remote control dan bahkan mendapatkan paten untuk gelatin bubuk. 

Pada tahun 1876, Cooper yang berusia 85 tahun menjadi calon presiden tertua dalam sejarah Amerika setelah mendapatkan nominasi Partai Greenback. Kecerdikan Cooper membuatnya mendapatkan banyak uang, banyak yang dia sumbangkan untuk mendirikan Union Cooper New York untuk Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Seni, yang sekarang menjadi salah satu perguruan tinggi top Amerika. *** (SS)

SHARE