Andorra, Surga Belanja di Dataran Tinggi - Male Indonesia
Andorra, Surga Belanja di Dataran Tinggi
MALE ID | Relax

Andorra adalah satu dari enam negara mikro di dataran Eropa. Dengan luas mencapai 468 km persegi, negeri yang diapit oleh Prancis dan Spanyol ini memiliki jumlah penduduk sekitar 77.280 jiwa.

Pixabay

Seluruh wilayah Andorra berada di dataran pegunungan Pyrenees, semenanjung Iberia. Ibukota negara, Andorra La Vella, merupakan ibukota tertinggi di dunia, dengan ketinggian 1.023 meter di atas permukaan laut.

Karena itulah, akses transportasi menuju Andorra hanya bisa dilakukan melalui jalan darat menggunakan angkutan umum maupun kendaraan pribadi, baik dari Prancis maupun Spanyol.

Alternatif transportasi kereta api hanya bisa digunakan sampai Stasiun L’Hospitalet-pres-l’Andorre, Prancis. Sementara pesawat sampai bandara komersial terdekat di Barcelona atau Toulouse.

Punya Dua Pemimpin
Hal yang membedakan Andorra dari negara lainnya yaitu ada dua kepala negara. Bernama resmi Principality of Andorra, negara ini berbentut kerajaan yang dikepalai dua pangeran atau lazim disebut diarchy.

Posisi pangeran sebagai kepala negara dipegang Presiden Prancis dan Uskup Urgell Spanyol. Hal ini membuat Presiden Prancis (merangkap Pangeran Andorra) merupakan satu-satunya Monarki yang dipilih melalui mekanisme pemilihan umum, walaupun tidak dipilih langsung oleh rakyat Andorra.

Sementara, posisi kepala pemerintahan dipegang Perdana Menteri yang ditunjuk oleh Kepala Negara berdasarkan rekomendasi dari Parlemen.

Negeri Tanpa Militer
Andorra tidak memiliki kekuatan militer tetap untuk mempertahankan negaranya. Militer Andorra yang memiliki dua belas personel hanya digunakan dalam kegiatan bersifat seremonial.

Tanggung jawab di bidang pertahanan negara dipegang oleh militer Prancis dan Spanyol. Sementara tugas menjaga keamanan dalam negeri dan perbatasan diberikan kepada kepolisian Andorra. Di situasi darurat karena bencana alam, seluruh pria Andorra harus ikut wajib militer.

Tak Punya Sumber Daya Alam
Bisa dibilang, Andorra nyaris tidak punya sumber daya alam yang dapat digunakan untuk menopang perekonomian. Di sektor produksi, terdapat aktivitas peternakan dan perkebunan dalam skala kecil. Sektor industri di sana mayoritas difokuskan mengolah hasil peternakan dan perkebunan tersebut.

Menyadari rendahnya potensi sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan, Pemerintah Andorra melakukan diversifikasi ekonomi dengan fokus utama pada sektor pariwisata.

Di masyarakat Eropa, Andorra dikenal sebagai destinasi yang menawarkan pesona keindahan pegunungan Pyrenees. Ini didukung infrastruktur yang memadai dan resor musim dingin maupun musim panas dengan menawarkan kegiatan wisata alam seperti hiking.

Kebijakan bebas pajak bagi barang retail yang diterapkan Pemerintah Andorra juga menjadi magnet bagi para turis. Cocok buat Anda yang ingin berbelanja barang retail dengan harga relatif lebih rendah. Sudah siap liburan ke Andorra? [GP]

SHARE