Gitaris Foo Fighters Siap Konser Solo di Eropa - Male Indonesia
Gitaris Foo Fighters Siap Konser Solo di Eropa
Gading Perkasa | News

Gitaris Foo Fighters, Chris Shiflett telah memulai debut single baru berjudul This Ol World dan mengumumkan detail tur di Inggris dan Eropa musim semi. Lagu baru dia adalah karya pertama dari album solo Shiflett yang akan datang, dan seolah menjawab rasa penasaran para penggemarnya.

wikimedia commons

Seperti dilansir dari NME, ‘The Foos Axeman’, julukan Chris Shiflett, menjelaskan bagaimana pandangan barunya terkait musik country rock secara langsung terinspirasi oleh Brexit (pencabutan keanggotaan Britania Raya dari Uni Eropa) dan pemilihan Donald Trump sebagai Presiden AS di tahun 2016.

“Selalu sulit untuk menulis lagu tentang peristiwa terkini atau politik. Namun, bagaimana mungkin Anda tidak terpengaruh oleh apa yang terjadi?” ujar Shiflett kepada NME.

“Di sini, kami punya Trump dan di Inggris Anda punya Brexit dan Farage. Sepertinya tiap negara barat berurusan dengan versi Trumpism mereka sendiri, menolak status quo dan kebijakan liberal,” ujarnya lagi.

Sementara tidak ada hal yang secara khusus direferensikan di trek This Ol World, Chris Shiflett mengatakan dia bertujuan untuk sengaja mengaburkan makna lagu tersebut.

“Di konsep awal This Ol World itu hanya terdengar agak berceramah dan seperti tulisan dengan pretensi. Saya suka lirik saya secara spesifik, tapi saya ingin itu menjadi agak kabur, karena terlepas dari pandangan dunia, mungkin ada sesuatu di sana yang bisa Anda hubungkan,” tutur Shiflett.

“Saya menulisnya setelah pemilu 2016, ketika orang-orang terbagi atas populasi sayap kiri di kampanye Bernie Sanders dan populasi sayap kanan di kampanye Trump. Mereka adalah dua orang yang sangat berbeda, tapi terinspirasi oleh hal sama.”

“Kesamaan tersebut adalah pembusukan di dalam sistem. Bagi saya, kekuatan sudah tidak mewakili massa sejak lama, namun hanya mewakili dirinya sendiri, tergantung pada pandangan Anda.”

Shiflett juga menyebut bahwa rekaman solo keduanya akan menuju ke arah yang lebih keras. “Jelas ada lebih banyak unsur rock daripada album terakhir saya. Ini lebih digerakkan oleh gitar, meskipun terdengar sangat menarik untuk mengatakan ketika banyak musik saya sudah seperti itu,” kata Shiflett.

“Tapi sekali lagi, saya suka mengeksplorasi suara yang kurang bisa saya mainkan. West Coast Town dari rekaman terakhir saya adalah super pedal steel heavy, dan lagu baru ini memiliki nada gitar lebih renyah dan merupakan rekaman rock and roll,” katanya lagi. [GP]

SHARE