Masa Kelam & Berbahaya di Album Baru Bad Religion - Male Indonesia
Masa Kelam & Berbahaya di Album Baru Bad Religion
MALE ID | News

Bad Religion, pelopor band punk asal Los Angeles, Amerika, telah bermain selama empat dekade, tetapi mereka belum kehilangan sentuhan di kalangan penikmat musik bawah tanah.

Epitaph Records/flickr

Seperti dilansir dari laman Rollingstone, Bad Religion telah mengumumkan bahwa mereka segera merilis album ke-17 bertajuk Age of Unreason di Epitaph Records. Sebuah album yang secara langsung disiratkan oleh mereka sebagai masa-masa sulit dan berbahaya di Negeri Paman Sam.

“Kami selalu berdiri di garis depan untuk nilai-nilai pencerahan. Hari ini, nilai-nilai kebebasan, kesetaraan, toleransi, dan sains berada di ambang bahaya yang nyata. Album Age of Unreason adalah respon kami terhadap hal tersebut,” tutur Brett Gurewitz, penulis lagu dan gitaris Bad Religion, mengutip Rollingstone.

Single pertama dari album baru mereka, Chaos From Within, adalah satu setengah menit dakwaan terhadap iklim di Amerika belakangan ini. Bahkan sang vokalis, Greg Graffin menceritakan teror, rasisme, kemunafikan dan ketakutan. “Threat is Urgent, Existential!”, begitu penggalan di bagian reff lagu tersebut.

Seluruh anggota band mengatakan bahwa isi album mereferensikan peristiwa terkini di dunia. Mulai dari aksi rasis, pemilihan Trump sebagai Presiden Amerika, Colin Kaepernick dan teori konspirasi.

Menurut Graffin yang memiliki gelar PhD dalam sejarah sains, “Sejak zaman dahulu, tembok telah digunakan untuk mencegah orang-orang barbar keluar. Namun bagi saya, aspek barbar sebenarnya dari peradaban adalah kekacauan yang berasal dari dalam.”

“Ketika saya melihat semua headline menyebut betapa mengerikannya dunia ini, saya mulai banyak membaca. Saya membaca tentang revolusi Prancis, revolusi Amerika, Perang Sipil, akhirnya saya mulai menyadari bahwa ini adalah pola sejarah dan sesuatu yang seharusnya tidak diperjuangkan,” katanya.

“Setiap orang harus mengetahui hal ini, tetapi sulit rasanya membuat mereka membaca. Mungkin album baru kami bisa membantu. Karena sekarang, lewat media sosial, kami hanya memainkan versi membunuh seorang pria dengan bola,” katanya lagi.

Ini daftar lagu di album Age of Unreason:

1.Chaos from Within

2.My Sanity

3.Do the Paranoid Style

4.The Approach

5.Lose Your Head

6.End of History

7.Age of Unreason

8.Candidate

9.Faces of Grief

10.Old Regime

11.Big Black Dog

12.Downfall

13.Since Now

14.What Tomorrow Brings

15.The Profane Rights of Man [GP]

SHARE