Nasib Bayern Munchen Tanpa Dua Kreator Serangannya - Male Indonesia
Nasib Bayern Munchen Tanpa Dua Kreator Serangannya
MALE ID | Sport & Hobby

Arjen Robben dan Franck Ribery bersiap meninggalkan Bayern Munchen di akhir musim 2018/2019. Lantas, bagaimana masa depan Bayern tanpa kehadiran dua pemain seniornya itu?

wikimedia commons

Pemain bintang memang hilir mudik dalam satu dekade terakhir di Bayern Munchen. Akan tetapi, ada dua sosok yang posisinya tidak tersentuh. Dua pemain itu adalah Robben dan Ribery. Robben adalah roh serangan Bayern di sisi kiri, sedangkan Ribery adalah tumpuan di sisi kanan.

Sejak bergabung pada 2007 dari Marseille, Franck Ribery selalu menjadi pilihan utama Bayern. Hanya cedera yang membuat pemain itu kehilangan posisinya di skuat inti. Meski usianya sudah senja, ia masih diandalkan oleh Bayern.

Seperti Ribery, Robben juga pemain yang penting. The Man Of Glass sudah memberi tujuh gelar Bundesliga untuk Bayern Munchen. Namun, menit bermain yang didapatkan oleh Robben lambat laun berkurang cukup drastis.

Menurut Lothar Matthaus, legenda The Bavarians, keduanya adalah pemain yang penting bagi klub. Tak ada yang dapat menampik hal tersebut.

“Mereka sudah memberi bukti apa yang bisa mereka lakukan. Sudah banyak gelar mereka berikan untuk Bayern, dan itu menjadi bukti nyata,” tutur Matthaus, seperti dilansir dari Bola.com.

Namun, Matthaus yakin bahwa Bayern tidak akan terpuruk ketika Robben dan Ribery meninggalkan klub. Pasalnya, Bayern tetap klub besar dan punya pondasi kuat.

“Saya yakin Bayern bisa tetap tangguh tanpa kedua pemain itu di musim 2019/2020,” kata Matthaus.

Peraih gelar juara Piala Dunia 1990 tersebut melihat Bayern sudah punya persiapan jika ditinggal oleh Robben dan Ribery. Keyakinan Matthaus ditegaskan lewat duel leg pertama Bayern Munchen lawan Liverpool di babak 16 besar Liga Champions 2018/19.

“Lihat saja pertandingan itu. Bayern bermain bagus, tidak ada Robben serta Ribery di sana. Tapi, mereka masih berbahaya. Ada Serge Gnarby di kanan dan Kingsley Coman di sisi kiri. Mereka bisa bermain bagus sekali untuk Bayern,” ucapnya.

Sebagai catatan, Serge Gnarby menjadi pilihan utama di sisi kiri serangan Bayern. Ia mengisi posisi Robben dengan torehan positif. Memang jumlah gol dan assist dari kaki dan kepalanya belum seberapa, namun Matthaus menilai ini baru awal dari era baru Bayern Munchen.

Sedangkan Coman, dikatakan Matthaus, dapat meneruskan jejak Ribery di sisi kanan. Ia dibeli pada 2017, setelah lebih dulu dipinjamkan. Hanya saja, pemain itu punya masalah cukup krusial, yaitu cedera. [GP]

SHARE