Fitur Keamanan Whatsapp Ternyata Belum Maksimal - Male Indonesia
Fitur Keamanan Whatsapp Ternyata Belum Maksimal
MALE ID | Digital Life

Whatsapp telah menerapkan fitur keamanan biometrik Face ID atau Touch ID untuk pengguna perangkat iOS. Dengan cara ini, aplikasi tersebut hanya dapat dibuka menggunakan sistem Face ID atau Touch ID dari pemilik perangkat.

PxHere

Namun, ternyata fitur ini menyimpan masalah. Salah satu pengguna menyebut, ada celah di fitur keamanan biometrik yang memungkinkan orang lain masih bisa membuka Whatsapp, meski otentikasi Face ID atau Touch ID aktif.

Sebagaimana dikutip dari Daily Mail, masalah itu timbul saat pengguna tidak menyetel fitur keamanan biometrik dalam posisi immediately. Maksudnya, fitur biometrik harus aktif begitu aplikasi Whatsapp ditutup.

Sekadar informasi, fitur keamanan biometrik di Whatsapp memang menyediakan opsi pengaturan bagi penggunanya. Dengan demikian, pengguna dapat mengatur kapan tepatnya fitur ini aktif. Mulai dari satu menit, satu jam, hingga sesegera mungkin (immediately) setelah aplikasi ditutup.

Walau demikian, saat opsi yang dipilih bukan immediately, aplikasi Whatsapp ternyata masih leluasa dibuka. Kondisi ini berlaku dengan memanfaatkan fitur Share Sheet yang ada di perangkat iOS.

Pengguna cukup membuka Share Sheet di iOS dan pilih Whatsapp. Setelah diminta untuk memasukkan Face ID atau Touch ID, keluar dari opsi tersebut. Lalu, kembali ke halaman depan iOS dan buka Whatsapp tanpa perlu memasukkan verifikasi ulang.

Pihak Whatsapp sendiri menyadari adanya masalah ini dan berjanji akan segera mengatasinya. Oleh karenanya, sembari menunggu masalah keamanan biometrik diselesaikan, aplikasi chatting terpopuler seantero jagat tersebut meminta agar pengguna menyetel opsi keamanan biometrik menjadi immediately.

Fitur pemindai wajah dan sidik jari di Whatsapp

Sebagai catatan, fitur keamanan biometrik memungkinkan pengguna untuk mengunci dan membuka aplikasinya dengan sidik jari dan pengenalan wajah. Fitur dari Whatsapp dapat membantu mencegah orang lain mengambil telepon Anda dan membaca pesan pribadi.

Namun, fitur tersebut hanya berlaku pada smartphone yang memiliki fitur Face ID atau Touch ID, dan baru tersedia pada perangkat iOS saja. Belum diketahui kapan tepatnya Whatsapp akan segera merilis keamanan biometrik di perangkat berbasis Android. [GP]

SHARE